KULINER

Ragam Fakta Unik Telur Asin, Salah Satunya jadi Warisan Budaya

Raka Lestari
Selasa 12 April 2022 / 17:10
Jakarta: Siapa yang tak kenal dengan olahan unik telur bebek yang diasinkan atau kerap disebut telur asin? Rasanya yang gurih dan penyajiannya yang praktis membuat telur asin menjadi salah satu makanan yang digemari oleh banyak masyarakat Indonesia.

Selain rasanya yang nikmat, telur asin juga memiliki beberapa fakta unik. Berikut fakta unik dari telur asin:
 

1. Telur asin ditetapkan menjadi warisan budaya  


Telur asin awalnya dikenal sebagai santapan yang disajikan pada saat ritual sembahyang kepada Dewa Bumi oleh masyarakat peranakan Tionghoa di Brebes, yang kemudian terkenal menjadi oleh-oleh khas asal Brebes. Berangkat dari sejarah tersebut, pada 2020 Kemendikbud menetapkan telur asin sebagai warisan budaya tak benda.
 

2. Rasa unik telur asin ternyata berasal dari olahan pembuatan yang praktis


Telur asin memiliki cita rasa yang unik. Usut punya usut, ternyata proses pembuatan telur asin cukup praktis.

Bermodalkan air, garam, dan stoples, telur asin yang gurih sudah bisa tersaji di meja makanmu. Pertama-tama pastikan telur yang akan diasinkan dalam keadaan bagus dan sudah dibersihkan.

Agar proses pengasinan semakin optimal, kamu juga bisa mengampelas telur agar pori-porinya terbuka sehingga rasa asin dari garam lebih mudah meresap. Kemudian, masukkan garam ke stoples yang berisi air dan masukkan telur yang sudah dibersihkan ke dalam stoples yang sama.

Setelah itu, diamkan selama 10-12 hari dan pastikan telur tidak terkena cahaya matahari. Terakhir, jangan lupa untuk rebus telur dengan api kecil selama kurang lebih 1,5 jam.
 

3. Sifat telur asin yang bisa diolah menjadi ragam olahan bercita rasa nikmat


Tidak hanya sebagai telur utuh, telur asin juga dapat disajikan dalam bentuk bumbu pelengkap, mulai dari bubuk telur asin hingga saus telur asin. Awalnya, sajian menu berbahan dasar telur asin ini dicetuskan oleh restoran chinese food di Singapura yang kemudian semakin populer hingga merambah ke Indonesia.
 

4. Jadi makanan kekinian yang mudah dikombinasikan dengan berbagai santapan


Sudah tidak asing rasanya mendengar nama makanan yang dilengkapi dengan bumbu telur asin. Bermula dari tren kekinian yang digemari banyak orang, kini menu santapan berbumbu telur asin sudah menjadi salah satu menu andalan praktis yang mudah ditemui.
(FIR)

MOST SEARCH