FITNESS & HEALTH

Sempat Dialami Reza Gunawan Sebelum Meninggal, Ini 7 Gejala Stroke yang Perlu Diwaspadai

Sri Yanti Nainggolan
Selasa 06 September 2022 / 21:02
Jakarta: Suami penulis dan penyanyi Dewi 'Dee' Lestari, Reza Gunawan, meninggal dunia pada Selasa, 6 September 2022. Dee mengungkapkan sang suami sakit stroke dalam beberapa waktu terakhir. 

Pekan kemarin, Dewi Lestari sempat mengabarkan jika suaminya menjalani perawatan di rumah sakit selama satu bulan akibat stroke pendarahan. Dee sengaja baru mengabarkan berita itu.

"Satu bulan satu minggu lamanya. Reza telah dirawat di rumah sakit akibat stroke perdarahan dan kini akan melanjutkan pemulihannya di rumah. Ini akan menjadi perjalanan pemulihan yang panjang," ucap Dewi Lestari dalam unggahan Instagram, Sabtu, 3 September 2022. 
 
Baca: Meninggal Dunia, Reza Gunawan Suami Dewi Lestari Sempat Kena Stroke
 

Apa itu stroke?

Penyakit stroke merupakan gangguan pada fungsi otak yang disebabkan adanya gangguan peredaran darah di otak itu sendiri. Penyakit ini bisa disembuhkan. 

Dokter spesialis saraf Rumah Sakit Akademik (RSA) Universitas Gadjah Mada (UGM), dr. Fajar Maskuri, mengatakan pemulihan penyakit stroke disebabkan beberapa faktor.

Faktor pertama adalah pada derajat ringan, sedang, dan berat dari penyakit stroke itu sendiri. Jika stroke tersebut ringan maka pemulihannya akan lebih cepat dibandingkan yang berat.


Ilustrasi stroke. Foto: Freepik

Faktor kedua adalah perihal seberapa cepat pasien stroke tersebut mendapatkan penanganan. Jika pasien stroke tersebut dapat ditangani di awal/segera (golden time period), maka kemungkinan pemulihan akan lebih besar dan pemulihan akan lebih baik atau tanpa cacat. 

Golden time period terjadi selama 3,5 jam setelah pasien mengalami gejala stroke. "(Jadi) jika bapak ibu menemukan keluarga atau tetangga curiga mengalami stroke maka bawa segera ke rumah sakit," tegas Fajar, dikutip dari laman UGM, Selasa, 12 Oktober 2021.
 
Baca: Deteksi Risiko dan Cara Penanganan Stroke dengan Metode FAST
 

Apa saja gejala stroke?

Berikut tujuh gejala stroke yang perlu Anda tahu:
  1. Kelemahan pada otot atau anggota gerak badan.  
  2. Gangguan sensasi pada kulit. Separuh bagian tubuhnya mati rasa atau kesemutan.
  3. Pelo, mulut perot, atau bentuk mulut menjadi jatuh atau pencong. 
  4. Gangguan lapang pandang, kehilangan sebagian pandangannya, gelap separuh. 
  5. Gangguan komunikasi atau afasia. Yakni gangguan pemahaman dimana pasien dapat berbicara dengan lancar dan jelas, namun yang bersangkutan tidak dapat memahami perkataan dari lawan bicaranya. Lalu, gangguan bicara dimana pasien tidak bisa berbicara dengan jelas atau dapat mengeluarkan suara namun tidak membentuk kata atau bahasa yang jelas. 
  6. Gangguan memori. Tiba-tiba melupakan siapa saja anggota keluarganya setelah bangun tidur. 
  7. Vertigo. Pusing dan merasakan sensasi berputar terhadap lingkungan. 

(SYN)

MOST SEARCH