FITNESS & HEALTH

Ternyata Ini 6 Alasan yang Bisa Membuat Cepat Lelah

Mia Vale
Kamis 09 Desember 2021 / 10:00
Jakarta: Merasa lelah adalah hal yang wajar. Mungkin dalam satu hari penuh, kamu disibukkan oleh pekerjaan yang padat. Tapi, bagaimana bila rasa lelah itu kerap datang, padahal badan sudah mendapat istirahat yang cukup, tidur pun sudah teratur dan sesuai porsinya.

Ternyata, merasa lelah tidak hanya melulu karena kurang istirahat, loh. Karena, ada juga rasa lelah yang timbul sebagai gejala kondisi medis tertentu. 

Rasa lelah ini umumnya ditandai dengan tidak adanya energi untuk beraktivitas bahkan bergerak, dan berlangsung sepanjang hari. Kelelahan ini tentu saja dapat menghambat rutinitas sehari-hari dan harus segera mendapat penanganan medis.

Sebagaimana yang telah dilansir dari WebMD, bila kamu sudah beristirahat cukup, makan makanan bergizi seimbang, dan melakukan olahraga secara teratur, tapi masih merasa lelah, mungkin sudah waktunya untuk memeriksa kemungkinan penyebab kelelahan secara medis. Siapa tahu ada beberapa gejala penyakit yang harus segera diatasi, seperti: 
 

1. Anemia 


Merupakan gangguan yang membuat darah sulit untuk memindahkan oksigen ke seluruh tubuh. Atau umum disebut kekurangan zat besi. Orang-orang dengan zat besi rendah, biasanya mudah lelah, pusing ketika mereka berdiri, bahkna jantung berdebar-debar. 


diabetes cepat lelah kenapa
(Ketika tubuh tidak cukup insulin atau insulin tidak bekerja efektif, gula dalam darah tidak bisa masuk ke dalam sel tubuh. Akibatnya, sel tubuh tidak menerima energi yang dibutuhkan. Inilah yang membuat Anda lebih mudah lelah dan lemas. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

2. Diabetes 


Salah satu alasan mengapa penderita diabetes mudah sangat lelah adalah karena tubuhnya menggimunakan banyak energi untuk menghadapidan mudah leah merupakan gekala diabetes yang paling umum, selain merasa haus dannm sering ke kamar mandi.
 

3. Penyakit tiroid


Merupakan kelenjar kecil berbentuk kupu-kupu yang terletak di leher. Itu membuat hormon yang membantu mengontrol bagaimana kita menggunakan energi. Orang dengan tiroid yang kurang aktif akan merasa lelah.

Sel-sel mereka tidak bekerja dengan baik, mereka lamban, dan refleks mereka lambat. Dokter mungkin akan menguji darah untuk hormon tiroid dan melihat apakah itu yang penyebab kelelahan. 
 

4. Penyakit jantung 


Kelelahan yang ekstrem adalah gejala umum gagal jantung kongestif, yang terjadi ketika jantung tidak memompa dengan baik sebagaimana mestinya. Jika sudah, rasa lelah biasanya bertambah parah saat berolahraga. Kamu mungkin juga mengalami pembengkakan di lengan atau kaki dan sesak napas. 
 

5. Sleep Apnea 


Gangguan ini membuat kamu tidak mendapatkan oksigen yang cukup saat tidur. Artinya, kamu tidak mendapatkan istirahat yang nyata di malam hari. Akibatnya kamu akan sangat mengantuk saat siang hari. Perangkat yang disebut mesin continuous positive airway pressure (CPAP) dapat membantu menjaga saluran udara tetap terbuka untuk tidur malam yang nyenyak.
 

6. Depresi 


Depresi dapat menurunkan tingkat energi dan membuat merasa lelah di siang hari. Pun akan merasa sulit untuk tertidur di malam hari. Bicaralah dengan dokter bila merasa depresi. Terapi bicara dan obat-obatan dapat membantu.
(TIN)

MOST SEARCH