End Google Analytics -->
FAMILY

Kamu Perlu Tahu Pentingnya Konsen dalam Berhubungan Seksual

Medcom
Senin 21 November 2022 / 19:42
Jakarta: Dalam hubungan suami istri, penting sekali untuk kita mengetahui batasan hingga keinginan si pasangan. Bahkan jika kamu pernah mendengar tentang konsen atau persetujuan seksual, kamu mungkin tidak yakin bagaimana memberikan atau memintanya.

Persetujuan seksual adalah kesepakatan antara pasangan untuk berhubungan seks atau melakukan aktivitas seksual bersama-sama.

Kamu memiliki hak untuk memilih apa yang ingin kamu lakukan, dengan siapa, dan bagaimana - memberikan persetujuan penuh memerlukan komunikasi tentang harapan, batasan, dan keinginan kamu kepada pasangan seksual, dan begitupun sebaliknya. 
 

Bagaimana cara memberikan persetujuan?


Cara paling jelas untuk memberikan persetujuan adalah secara langsung dan lisan. Bahkan untuk menolak dan menyatakan rasa tak ingin kamu juga harus mengungkapkannya. 

Meskipun mungkin terasa menakutkan untuk memberikan persetujuan setiap kali kamu berhubungan seks, itu tidak harus menjadi diskusi yang panjang. Cukup mengutarakan dengan jelas maka pasanganmu akan mengerti.


(Salah satu cara untuk memastikan kamu memiliki persetujuan pasangan dalam hal seks adalah selalu minta persetujuan sebelum mulai berhubungan seks atau melakukan aktivitas seksual. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Persetujuan seksual harus:


1. Mendahulukan antusias dan kebersamaan: Sama-sama ingin melakukan aktivitas seksual dengan pasangan.
2. Sukarela: Kamu telah memutuskan untuk berhubungan seks atau terlibat dalam aktivitas seksual tanpa tekanan, ekspektasi, atau rasa bersalah dari luar. 
3. Diinformasikan: Kamu memahami syarat dan batasan berhubungan seks atau terlibat dalam aktivitas seksual. Jika suatu saat, kondisi situasi berubah, pasanganmu melanggar apa yang sudah disepakati bersama, maka persetujuan awal kamu menjadi tidak valid.

Lalu, bagaimana cara memastikan bahwa kamu mendapat persetujuan pasangan?

Cara terbaik adalah dengan bertanya. Komunikasi verbal yang jelas dan memerhatikan kebutuhan, suasana hati, dan bahasa tubuh pasangan semuanya penting untuk memastikan persetujuan.

Komunikasi sering kali lebih mudah jika kita mengenal pasangan dengan baik. Berikut adalah beberapa cara untuk memastikan kamu memiliki persetujuan pasangan:

- Selalu minta persetujuan sebelum mulai berhubungan seks atau melakukan aktivitas seksual. 

- Memastikan pasangan saat berhubungan seks. Tanyakan apakah mereka ingin melanjutkan atau apakah kamu harus melakukan sesuatu yang berbeda. 

- Jangan berhubungan seks atau melakukan aktivitas seksual dengan pasangan yang mabuk, karena mereka tidak mampu memberikan persetujuan dengan benar.

- Berdiskusi sebelum melakukan aktivitas seksual. Jika kamu mengetahui bahwa pasangan kamu pernah mengalami kekerasan dalam hubungan atau trauma seksual, mendiskusikan batasan mereka dan bagaimana mereka ingin diperlakukan selama berhubungan seks dapat membantu mereka merasa lebih nyaman.

Namun bagaimana jika pasanganmu kecewa saat kamu menolaknya dan hubungan seksual terasa aneh saat dilakukan?

Merupakan hal normal jika perasaan pasangan terluka ketika kamu menolaknya. Kamu bisa menjelaskan pentingnya batasan dalam hubungan apa pun dan mendorong mereka untuk mengomunikasikan batasan mereka juga. 

Jangan sampai dalam hubungan terjadi manipulasi untuk tetap bisa melakukan aktivitas seksual seperti yang pasangan harapkan, karena itu bisa menjadi red flag dalam hubungan. 


Nandhita Nur Fadjriah
(TIN)

MOST SEARCH