FAMILY

Apa Arti Berpelukan Lalu Tidur Usai Berhubungan Seks?

Mia Vale
Kamis 15 September 2022 / 20:41
Jakarta: Beberapa kali pasangan suami atau istri kamu teridur usia berpelukan dan melakukan romansa suami istri. Sebenarnya tanda apa sih ini?

Mungkin awalnya kamu akan berpendapat negatif atau jelek atas hal ini, namun ternyata tak semua buruk lho!

Dalam studi yang dipaparkan oleh psikolog evolusi di University of Michigan dan Albright College di Pennsylvania, menemukan kecenderungan tertidur setelah berhubungan dengan keinginan pasangan untuk memperoleh ikatan dan kasih sayang.

"Semakin banyak pasangan tertidur setelah berhubungan seks, semakin kuat keinginannya untuk membangun ikatan," jelas Daniel Kruger, peneliti di University of Michigan, dan penulis utama studi tersebut.


(Setelah berhubungan intim dengan pasangan juga membuat tubuh terasa lebih rileks. Hal ini juga memudahkan seseorang tertidur. Foto: Dok. Ilustrasi/Unsplash.com)
 
Penelitian yang diterbitkan pada Desember di Jurnal Sosial, Evolusi, dan Budaya Psikologi, memeriksa 456 peserta. 

Mereka menyelesaikan survei online anonim yang menilai pengalaman dan keinginan dengan pasangan setelah berhubungan seks. 

Peserta kemudian mengindikasikan "siapa yang tertidur lebih dulu setelah berhubungan seks?" dan "siapa yang tertidur lebih dulu ketika saat tidak bercinta?"
 
Peserta yang pasangannya segera tertidur setelah berhubungan seks memiliki keinginan yang lebih kuat untuk berpelukan dan mengobrol pasca-koital (setelah berhubungan).

"Tertidur mungkin merupakan cara yang tidak disadari untuk menutup pembicaraan komitmen setelah berhubungan seks," kata rekan penulis Susan Hughes, profesor psikologi di Albright College di Reading, Pa.

Meskipun stereotip tertidur lebih dulu adalah pria, secara umum para peneliti tidak menemukan pria tertidur lebih dulu setelah berhubungan seks. Namun, wanita lebih cenderung tertidur terlebih dahulu ketika hubungan seks tidak terjadi.
(TIN)

MOST SEARCH