FAMILY

Apakah Ukuran Alat Kelamin Jadi Jaminan Kepuasan Hubungan Intim?

Medcom
Rabu 21 September 2022 / 20:20
Jakarta: Dalam hubungan intim, perbincangan soal ukuran penis kerap menimbulkan kecemasan. Pria banyak menganggap bahwa satu-satunya faktor memuaskan pasangan adalah ukuran kelamin.

Dalam tinjauan dr. Reza Fahlevi via Klikdokter menerangkan dalam melakukan hubungan seksual dikenal dengan istilah foreplay, yaitu berbagai aktivitas yang dilakukan untuk membangkitkan gairah seksual secara fisik dan emosional

Ini menunjukkan bahwa faktor emosional juga berperan dalam suatu hubungan seksual. Tanpa ketertarikan secara emosional ataupun mood yang baik, kepuasan hubungan seksual akan sulit dicapai.

Selain faktor emosional, faktor fisik juga sangat berperan dalam suatu hubungan seksual. Ciuman, pelukan, dan sentuhan merupakan hal yang sangat penting dalam aktivitas seksual, karena dapat membangkitkan gairah dan kenikmatan hubungan seksual.

"Masyarakat masih menyamakan maskulinitas dan kekuatan dengan ukuran penis. Tentu saja, tidak ada hubungan di antara ukuran penis dan maskulinitas," kata profesor klinis urologi di University of California di San Francisco, Ira Sharlip, seperti dimuat dalam WebMD.

Meski begitu, Sharlip mengakui banyak pasien yang ingin meningkatkan ukuran alat kelamin mereka. Sebab para pria bukan tanpa alasan untuk memperbesarnya.
 
Seperti diutarakan konsultan seks, Seth Prosterman. Menurutnya sebagian wanita lebih memilih ukuran penis yang lebih besar. Meski sebagian besar pasangan tidak mempermasalahkan ukuran penis.
 
Ukuran penis rata-rata pada saat ereksi antara 5 hingga 6 inci atau 13-15 sentimeter. Pada saat tidak ereksi ukuran panjang organ intim pria sekitar 3,5 inci atau 9 sentimeter. 

Salah satu mitos yang menjadi kekhawatiran banyak pria menurut terapis kesehatan seksual Cory Silverberg adalah anggapan bahwa penis adalah bagian terpenting dari tubuh pria. Dan hanya itulah yang paling penting dalam sebuah hubungan seks.


(Sejatinya menurut Kerner, selain ukuran alat kelamin pria, banyak hal yang memengaruhi kualitas hubungan intim, misalnya rayuan dan kata cinta, pemanasan yang mencukupi dan saling memahami dapat meningkatkan kepuasan. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Kemampuan ereksi serta daya tahan

 
Menurut konsultan seks, Ian Kerner, besar-kecil ukuran penis adalah hal utama untuk memberi kepuasan pada pasangan, itu adalah mitos. 

Kerner mengatakan sebuah penelitian membuktikan sebanyak 25 persen wanita mencapai orgasme pada saat berhubungan seksual, dibandingkan dengan 81 persen selama seks oral.
 
Terlepas dari hal tersebut, para pria tetap menginginkan ukuran penis yang lebih besar. Salah satu alat pembesar yang paling gencar adalah pompa vakum untuk meningkatkan ukuran penis.
 
"Ini hanya mitos yang tidak dapat menambah panjang maupun lebar alat vital pria meski ada pria yang melaporkan puas setelah menggunakan vakum," terang Kerner.
 
Sejatinya menurut Kerner, selain ukuran alat kelamin pria, banyak hal yang memengaruhi kualitas hubungan intim. Aktivitas romantis seperti rayuan dan kata cinta, pemanasan yang mencukupi dan saling memahami kebutuhan pasangan selama aktivitas seks adalah hal-hal meningkatkan kepuasan. 

Dalam paparan dr. Reza, dari sisi penis sendiri, kemampuan ereksi dan daya tahan ereksi merupakan dua hal yang sangat vital. Tanpa kemampuan ereksi dan daya tahan yang baik, kepuasan pasangan akan sulit diperoleh. 

Itulah sebabnya mengapa kemampuan ereksi dan daya tahan penis dikatakan lebih menentukan kepuasan seksual bagi seorang wanita dibandingkan ukuran penis.


Anda Nurlaila
(TIN)

MOST SEARCH