KULINER

Protein Overnight Oat, Selain untuk Sarapan Juga Bisa Turunkan Berat Badan

Mia Vale
Rabu 23 Maret 2022 / 15:26
Jakarta: Jika mencari sarapan sederhana, sehat, dan berprotein tinggi untuk memulai rutinitas harian, protein overnight oats bisa jadi solusinya. Terlebih bagi kamu yang mencoba untuk menurunkan berat badan. Tapi yang menjadi kendala, kadang kita tak punya waktu banyak untuk meraciknya pada pagi hari.

Jangan khawatir, bagi penikmat oatmeal yang sibuk saat pagi hari, kamu bisa beralih ke overnight oatmeal, kok. Ini alternatif bagus yang bisa kita buat saat malam sebelumnya dan dibawa atau dinikmati ketika esok pagi. 

Overnight oats atau oatmeal semalaman ini memiliki manfaat tambahan berupa bubuk protein, membuatnya jauh lebih tinggi proteinnya daripada semangkuk oatmeal biasa. Dengan begitu energi dalam tubuh akan menjadi lebih banyak saat beraktivitas pagi hari. 

Melansir dari Choosing Chia, overnight oatmeal umumnya direndam dalam campuran susu dan selai kacang yang manis gurih, semalaman. Untuk racikan overnight oatmeal terbaik untuk menurunkan berat badan adalah yang mengandung bahan-bahan berprotein tinggi. 

Dan, agar teksturnya tetap terjaga, gunakan menggunakan rolled oats dalam hidangan ini. Yuk, buat protein overnight oat!
 

Bahan protein overnight oat:


Oat: bisa menggunakan oat gulung atau oat cepat. Keduanya akan bekerja dengan baik
Biji chia: menambah lebih banyak nutrisi dan juga membantu mengentalkan oat semalaman
?Bubuk protein: dapat menggunakan semua jenis bubuk protein yang disuka. Misal, bubuk protein nabati yang terbuat dari protein kacang polong
Garam: hanya sejumput untuk menyeimbangkan rasa
Yoghurt Yunani: dapat diganti dengan semua jenis yoghurt, termasuk yoghurt bebas susu
Ekstrak vanilla: untuk ras
Madu: mempermanis oat semalaman. Kamu juga dapat menggunakan sirup maple atau nektar agave sebagai optoin vegan
Susu oat: dapat menggunakan susu jenis apa pun, seperti susu almond atau santan
 

Cara membuat protein overnight oat: 


1. Tambahkan oat, bubuk protein, biji chia, dan garam ke dalam mangkuk besar atau toples besar. Kemudian masukkan yoghurt
2. Selanjutnya, tambahkan penyedap dan pemanis. Untuk resep ini, menggunakan madu dan ekstrak vanila. Lalu tuang susu oat. 
3. Aduk semuanya dengan sendok besar sampai tercampur. Simpan protein overnight oat di lemari es semalaman langsung di mangkuk pencampur yang ditutup dengan bungkus plastik, atau pindahkan ke wadah atau stoples tertutup rapat
4. Keluarkan oat dari lemari es di pagi hari dan sajikan dengan topping favorit. Misal, stroberi, mentega almond, dan serpihan kelapa.
 

Cara menyimpan overnight oat: 


Simpan protein overnight oat dalam stoples tertutup atau wadah kedap udara di lemari es. Protein overnight oat akan bertahan hingga lima hari di lemari es. Selamat mencoba ya!




(TIN)

MOST SEARCH