FITNESS & HEALTH

5 Menu Sarapan yang Sebaiknya Kamu Hindari

Raka Lestari
Sabtu 04 Desember 2021 / 08:32
Jakarta: Sarapan merupakan bagian paling penting untuk memulai hari dan aktivitas. Sarapan berguna untuk memulai metabolisme tubuh dan secara umum memberikan energi sampai waktu makan siang.

Akan tetapi, dalam memilih makanan untuk sarapan juga sebaiknya tidak sembarangan. Dikutip dari Cosmpolitan, berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ketika sedang sarapan:
 

1. Roti tawar


Roti tawar cenderung kurang bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama dibandingkan roti gandum. Sebab memiliki kandungan serat yang lebih rendah.

"Makanan yang kaya serat dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan juga mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh,” ujar Pippa Campbell, seorang ahli nutrisi.
 

2. Gorengan


“Mengonsumsi gorengan saat sarapan juga sangat tidak disarankan karena mengandung banyak kalori. Gorengan biasanya digoreng menggunakan minyak sayur, yang akan menjadi tengik jika dipanaskan,” saran Pippa.

Untuk itu, Pippa menyarankan untuk memilih scrambled egg dibandingkan telur goreng. Apabila kamu harus menggoreng, gunakan minyak kelapa yang mengandung lemak baik untuk jantung.
 

3. Smoothie


“Memilih smoothie untuk sarapan bisa mengandung banyak gula tersembunyi. Jika kamu  mencampurkan buah, gula alami dilepaskan dari dalam dinding sel buah dan menjadi 'gula bebas',” kata Pippa.

Gula bebas ini dapat merusak gigi, tingkat energi, dan menjaga berat badan yang sehat. Untuk itu, usahakan lebih banyak tambahkan sayuran hijau pada smoothie dalam menu sarapanmu.
 

4. Sereal yang mengandung gula


"Sarapan yang sehat dapat menjaga kadar gula darah, mengurangi keinginan mengemil di kemudian hari dan dapat memberi bahan bakar pada tubuh untuk membantunya berfungsi dengan baik,” ujar Pippa.

Namun, jika kamu mengonsumsi sereal yang sangat manis, hal itu dapat meningkatkan kadar glukosa dalam aliran darah. Sehingga dapat mengakibatkan ledakan energi secara singkat, yang membuat tubuh jadi  merasa lebih lesu.
 

5. Bubur instan


“Bubur bisa menjadi sarapan yang sehat dan bernutrisi untuk memulai hari, tetapi jika kamu memilih bubur instan atau bubur kemasan maka hal itu dapat mengganggu rencata diet sehat harianmu,” kata Pippa.

Ia mengatakan bahwa bubur kemasan biasanya mengandung gula dan garam tambahan yang tidak baik jika dikonsumsi berlebihan.
(FIR)

MOST SEARCH