FAMILY

Tak Hanya Dikonsumsi, Kolostrum Juga Bermanfaat untuk Kulit Bayi

Raka Lestari
Jumat 18 Maret 2022 / 16:00
Jakarta: Kolostrum merupakan air susu pertama yang dihasilkan oleh kelenjar susu seorang wanita pada tahap akhir kehamilan atau beberapa hari setelah proses melahirkan. Kolostrum berwarna kekuningan dengan tekstur kental dan pekat, serta mengandung nutrisi yang lebih tinggi.

Kolostrum juga dikenal memiliki segudang manfaat jika diberikan pada bayi yang baru lahir. Dan, seiring perkembangan teknologi kolostrum tidak hanya untuk dikonsumsi tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan kulit bayi yang dikenal masih sensitif.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Archives of Dermatological Research pada 2017, setidaknya terdapat tiga hal yang membuat kulit bayi sensitif:

1. Bayi memiliki lapisan epidermis terluar (stratum korneum) yang lebih tipis.

2. Proses penyerapan dan penguapan air di kulit bayi yang lebih cepat dibandingkan dengan orang dewasa.

3. Faktor pelembap alami dan produksi lipid kulit pada bayi lebih sedikit dibandingkan dengan orang dewasa sehingga kulit bayi lebih mudah kehilangan kelembapan.


(Kulit bayi masih sangat rentan terhadap berbagai faktor pemicu iritasi sehingga penting untuk memilih produk perawatan bayi yang tepat. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Menanggapi pentingnya perawatan khusus bagi kulit bayi, dr. Arini Widodo, Sp.KK selaku dokter spesialis kulit dan kelamin mengungkapkan bahwa setelah dilahirkan, kulit bayi beradaptasi dengan lingkungan baru.

Terlebih, kulit bayi masih sangat rentan terhadap berbagai faktor pemicu iritasi sehingga penting untuk memilih produk perawatan bayi dengan kandungan yang mampu memenuhi kebutuhan sekaligus melindungi barrier kulit bayi.

“Kolostrum memiliki manfaat potensial yang masih bisa digali oleh karena itu terdapat berbagai riset yang menunjukan berbagai benefit kolostrum secara oral, dan beberapa riset menunjukan potensi benefit untuk kulit secara topikal,” jelas dr. Arini, dalam Virtual Press Conference Pure Baby, pada Kamis, 17 Maret 2022.

Para orang tua tidak perlu khawatir karena kolostrum merupakan kandungan yang tergolong aman, dan dalam penelitian in vitro berpotensi dalam memperbaiki barrier (sawar) kulit, mengurangi penguapan air di kulit sehingga dapat berperan dalam menjaga kelembaban kulit. 

Beberapa kandungan nutrtisi yang ada di dalam kolostrum diantaranya adalah karbohidrat, protein, lemak, lactoferrin, antibodi, faktor pertumbuhan, kaya akan vitamin (Vit A, Vit B6, Vit B12, Vit C, Vit D, Vit E dan Vit K) dan mineral (Kromium, Natrium, Magnesium, Kalsium, Tembaga, Besi dan Zinc).

“Banyak riset mengenai kolostrum pada kulit masih on-going untuk digali kembali potensi-potensi lainnya yang dapat bermanfaat untuk kulit,” pungkas dr. Arini.
(yyy)

MOST SEARCH