FITNESS & HEALTH

3 Cara Meredakan Sakit Tenggorokan dengan Bahan Alami yang Ada di Rumah

Yuni Yuli Yanti
Selasa 07 Desember 2021 / 07:05
Jakarta: Sebagian besar dari kita mungkin pernah mengalami sakit tenggorokan selama beberapa minggu terakhir. Apalagi, udara saat ini cenderung lebih dingin karena telah memasuki musim hujan. Biasanya kita hanya mengonsumsi minuman penyejuk panas dalam atau obat batuk untuk mengatasi rasa tidak enak di tenggorokan. 

Namun, jika sudah mengonsumsi beberapa obat tersebut tapi belum reda sebaiknya kamu mencoba tiga bahan alami ini. Mengutip dari HealthShots, begini cara membuatnya:
 

1. Cengkih

Laung atau cengkih adalah salah satu bumbu dapur yang paling disukai untuk meredakan sakit tenggorokan. Ambil sepotong cengkih dan sedikit garam batu, lalu konsumsilah bersamaan. Ini akan membantumu menyingkirkan segala jenis sakit tenggorokan dalam waktu singkat, karena kombinasi ini membantu meredakan peradangan.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

2. Madu dan jahe

Sudah tak asing lagi kalau kedua bahan dapur ini memang yang paling efektif untuk meredakan batuk. Dr Sharma, seorang dokter konsultan senior mengatakan beberapa obat batuk yang direkomendasikan pun memiliki kandungan jahe dan madu karena dapat menenangkan tenggorokan. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

3. Minum air hangat

Hidrasi adalah kunci untuk mengatasi sakit tenggorokan. Meskipun, konsumsi air kita turun drastis selama musim dingin, penting bagi kita untuk tetap meminum air hangat, agar tenggorokan tetap lembap. Selain membantu melindungi diri dari infeksi tenggorokan, pada saat yang sama air hangat juga dapat menenangkannya. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

(yyy)

MOST SEARCH