YOUR FASHION
Ketika 6 Wamen RI Pamerkan Pesona di Runway JMFW 2026
A. Firdaus
Sabtu 08 November 2025 / 09:11
Jakarta: Tengah pekan lalu kita dikejutkan dengan para Wakil Menteri (Wamen) Kabinet Merah Putih, tampil langsung di runway pada Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2026. Keikutsertaan keenam Wamen ini menandai dukungan mereka kepada jenama fashion muslim lokal agar semakin berdaya saing dan mendunia.
Wamen Ekraf Irene Umar tampil dalam parade runway bersama sejumlah wakil menteri lainnya, yaitu Dyah Roro Esti Widya Putri (Wamen Perdagangan), Ratu Ayu Isyana Bagoes Oka (Wamen Kependudukan dan Pembangunan Keluarga), Veronica Tan (Wamen Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), Ni Luh Puspa (Wamen Pariwisata), dan Stella Christie (Wamen Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi).
Kesempatan ini menjadi momen untuk menampilkan koleksi fesyen muslim unggulan Indonesia, sekaligus menegaskan peran Kementerian Ekraf dalam memperkuat jenama lokal, membuka akses pasar regional dan peluang kolaborasi internasional, serta menciptakan peluang bisnis lintas negara.
"Senang bisa hadir di JMFW dan menjadi bagian dari parade runway bersama rekan-rekan wakil menteri lainnya. Kegiatan ini bukan sekadar fesyen show, tetapi langkah nyata memperkuat daya saing produk kreatif Indonesia di pangsa pasar internasional," kata Wamen Ekraf hadir dalam Jakarta JMFW 2026 yang berlangsung pada 6–9 November di Balai Kartini, Jakarta.
Kementerian Ekraf menghadirkan booth khusus yang menampilkan sejumlah brand lokal unggulan, termasuk Bigboylooksgood, Djadi Batik, Dara Baro, KamaKu, Manika Jewellery, dan Rappo.ld. Booth ini menjadi platform untuk mempromosikan karya kreatif lokal, mendorong inovasi desain, serta membuka kesempatan penetrasi pasar baru bagi pelaku fesyen Indonesia.

"Jenama lokal kita harus menjadi raja di negeri sendiri, sambil meningkatkan pengakuan global. Kementerian Ekraf terus mendorong pelaku kreatif melalui program pengembangan kapasitas dan promosi internasional, menjadikan subsektor fesyen sebagai the new engine of growth bagi ekonomi kreatif nasional," kata Wamen Ekraf.
Sementara itu Wakil Menteri Perdagangan, Dyah Roro Esti Widya Putri, menyampaikan dukungan pemerintah terhadap brand lokal. Menurutnya, kehadiran brand-brand lokal di JMFW 2026 menunjukkan potensi luar biasa industri kreatif Indonesia.

"Pemerintah akan terus memfasilitasi agar produk unggulan kita bisa diterima luas, baik di pasar nasional maupun akses pasar internasional, sehingga jenama lokal semakin kompetitif dan siap bersaing di kancah global," kata Dyah.
JMFW 2026 menampilkan beragam brand fesyen Muslim inovatif dari seluruh Indonesia. Kehadiran Wamen Ekraf bersama para wakil menteri menegaskan komitmen pemerintah dalam memperkuat industri kreatif nasional melalui kolaborasi lintas kementerian, penguatan kapasitas kreator, promosi internasional, dan penciptaan peluang pasar baru.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(FIR)
Wamen Ekraf Irene Umar tampil dalam parade runway bersama sejumlah wakil menteri lainnya, yaitu Dyah Roro Esti Widya Putri (Wamen Perdagangan), Ratu Ayu Isyana Bagoes Oka (Wamen Kependudukan dan Pembangunan Keluarga), Veronica Tan (Wamen Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), Ni Luh Puspa (Wamen Pariwisata), dan Stella Christie (Wamen Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi).
Kesempatan ini menjadi momen untuk menampilkan koleksi fesyen muslim unggulan Indonesia, sekaligus menegaskan peran Kementerian Ekraf dalam memperkuat jenama lokal, membuka akses pasar regional dan peluang kolaborasi internasional, serta menciptakan peluang bisnis lintas negara.
"Senang bisa hadir di JMFW dan menjadi bagian dari parade runway bersama rekan-rekan wakil menteri lainnya. Kegiatan ini bukan sekadar fesyen show, tetapi langkah nyata memperkuat daya saing produk kreatif Indonesia di pangsa pasar internasional," kata Wamen Ekraf hadir dalam Jakarta JMFW 2026 yang berlangsung pada 6–9 November di Balai Kartini, Jakarta.
Kementerian Ekraf menghadirkan booth khusus yang menampilkan sejumlah brand lokal unggulan, termasuk Bigboylooksgood, Djadi Batik, Dara Baro, KamaKu, Manika Jewellery, dan Rappo.ld. Booth ini menjadi platform untuk mempromosikan karya kreatif lokal, mendorong inovasi desain, serta membuka kesempatan penetrasi pasar baru bagi pelaku fesyen Indonesia.

"Jenama lokal kita harus menjadi raja di negeri sendiri, sambil meningkatkan pengakuan global. Kementerian Ekraf terus mendorong pelaku kreatif melalui program pengembangan kapasitas dan promosi internasional, menjadikan subsektor fesyen sebagai the new engine of growth bagi ekonomi kreatif nasional," kata Wamen Ekraf.
Sementara itu Wakil Menteri Perdagangan, Dyah Roro Esti Widya Putri, menyampaikan dukungan pemerintah terhadap brand lokal. Menurutnya, kehadiran brand-brand lokal di JMFW 2026 menunjukkan potensi luar biasa industri kreatif Indonesia.

"Pemerintah akan terus memfasilitasi agar produk unggulan kita bisa diterima luas, baik di pasar nasional maupun akses pasar internasional, sehingga jenama lokal semakin kompetitif dan siap bersaing di kancah global," kata Dyah.
JMFW 2026 menampilkan beragam brand fesyen Muslim inovatif dari seluruh Indonesia. Kehadiran Wamen Ekraf bersama para wakil menteri menegaskan komitmen pemerintah dalam memperkuat industri kreatif nasional melalui kolaborasi lintas kementerian, penguatan kapasitas kreator, promosi internasional, dan penciptaan peluang pasar baru.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(FIR)