BEAUTY

Ini 5 Cara Menggunakan Foundation untuk Kulit Kering agar Tampilan Make Up Sempurna

Yuni Yuli Yanti
Selasa 05 Juli 2022 / 07:00
Jakarta: Sebelum mengetahui cara memakai foundation yang cocok untuk wajah atau kulit kering kamu. Alangkah baiknya untuk mengenal tentang foundation terlebih dulu, supaya tidak salah memahaminya.
 
Baca juga: Selain Bikin Make Up Tahan Lama, Ini 3 Manfaat Lain dari Face Primer

Apa itu foundation? Apa fungsinya? Emang ada berapa jenis foundation, sih? Agar lebih mengerti, cek penjelasan berikut terlebih dahulu.

Apa itu Foundation?

Foundation menjadi salah satu produk make up yang paling sering digunakan perempuan saat merias wajah. Selain berfungsi untuk meratakan warna kulit, mencerahkan dan menutupi kekurangan yang ada pada wajah, foundation juga bisa bikin make up tahan lama. 

Foundation memiliki berbagai jenis, mulai dari bentuk padat, krim, hingga cair yang ketiganya bisa disesuaikan dengan jenis kulit wajah. Cara memakainya pun tidak boleh semabarangan lho, karena tidak semua jenis kulit bisa dengan mudah merata dan terlihat natural setelah menggunakan foundation.

Seperti kulit wajah yang kering, biasanya foundation sulit merata atau tahan lama sehingga terlihat seperti memakai topeng atau kulit terlihat mengelupas dan pecah-pecah.
 
Baca juga: Catat! Tips Cegah Make Up Menempel di Masker
 

5 Cara memakai foundation untuk kulit kering

Namun, kamu enggak perlu khawatir. Khusus pemilik kulit wajah kering cukup ikuti tips yang dikutip dari Maybelline berikut ini:

1. Pilih foundation cair

Pertama-tama, kamu harus menentukan dulu foundation mana yang tepat sesuai jenis kulit wajahmu. Untuk kulit kering, sebaiknya gunakan foundation yang berbasis minyak dan tipenya liquid (cair). Foundation jenis ini mampu melembapkan kulitmu sehingga make up terlihat lebih natural dan flawless.  
 

2. Gunakan Pelembap

Cara memakai foundation untuk pemilik kulit kering selanjutnya adalah menggunakan pelembap sebelum menggunakan foundation.

Gunakanlah pelembap yang cenderung ringan untuk mencegah kulit menjadi berminyak dan timbulnya jerawat. Coba untuk menggunakan pelembap yang terasa ringan di kulit.


(Pemilik kulit kering wajib memilih foundation bentuk cair untuk memudahkan pengaplikasian dan hasil make up sempurna. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

3. Make up primer

Cara memakai foundation untuk wajah yang kering selanjutnya, yakni gunakan make up primer pada wajah sebelum menggunakan foundation.

Menggunakan make up primer bertujuan untuk membuat kulit wajah terlihat lebih lembut dan melunakkan kulit yang mengelupas karena kering.
 

4. Gunakan tangan

Nah, ini yang paling penting, cara memakai foundation untuk kulit kering sebaiknya menggunakan tangan agar lebih mudah menyatu dengan kulit. Cara ini bukan tanpa alasan lho. Pasalnya, minyak alami dan suhu tubuh yang berasal dari jari bisa membantu foundation menyatu dengan sempurna pada kulit.
 

5. Make up finishing spray

Setelah selesai menggunakan make up, kamu disarankan untuk menyemprotkan make up finishing spray. Tujuannya agar make up yang sudah digunakan tidak bergeser atau tetap pada posisinya, tahan lama, dan tidak mudah luntur.

Cek berita medcom.id terbaru dan menarik lainnya di Google News
(yyy)

MOST SEARCH