FITNESS & HEALTH

Minuman Alkohol Merusak Rambut? Ini Jawabannya

Medcom
Selasa 13 September 2022 / 16:14
Jakarta: Sejak beberapa tahun lalu, mengonsumsi minuman beralkohol juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup orang Asia. Namun minuman ini memiliki banyak efek samping jika dikonsumsi berlebih.

Tak hanya membuat diri hilang kesadaran, alkohol dapat merusak kesehatan dan fungsi tubuh, termasuk kerusakan rambut. Alkohol memiliki sifat yang menghalangi Vitamin dan Mineral yang seharusnya diserap dengan baik ke dalam tubuh.

Selain itu, alkohol juga menyebabkan defisiensi karena berhubungan langsung dengan Vitamin A, B, C, D, E, dan K. Berikut ini intip beberapa kerusakan rambut yang disebabkan oleh alkohol:
 

1. Membuat rambut kering dan rapuh


Karena penghalangan nutrisi masuk ke rambut, maka kelembapan rambut menjadi hilang. Tak heran jika rambut akan mengalami kering dan rapuh setengah mengonsumsi minuman alkohol.

 

2. Hilangnya kelembapan rambut


Dilansir melalui thehealthsite.com, alkohol memiliki sifat deuretik yang bisa merampas semua cairan dari dalam tubuh, dan menyebabkan seringnya buang air kecil. Efek dari dehidrasi ini merampas kelembapan pada rambut.
 

3. Rambut rontok


Tidak hanya menghilangkan kelembapan rambut, konsumsi alkohol secara berlebih juga menyebabkan kerusakan hati berlemak atau sirosis. Kondisi ini diketahui bisa membuat rambutmu jadi sering rontok. Kerusakan hati ini juga bisa memengaruhi metabolisme Vitamin dan Mineral yang akan berpengaruh pada semua fungsi organ tubuh.
 

4. Hilangnya kilau rambut


Salah satu efek buruk dari rambut kering adalah hilangnya kemilau rambut atau cahaya rambut jadi tidak merata.

Dari semua penjelasan di atas, sudah jelas minuman alkohol dapat merusak keindahan rambutmu. Hindari masalah yang tak kamu inginkan dengan mengurangi kebiasaan buruk tersebut.

Nanditha Nur Fadjriah
 
(FIR)

MOST SEARCH