FITNESS & HEALTH

5 Fobia Paling Aneh di Dunia, Apakah Kamu Salah Satu Pengidapnya?

Mia Vale
Senin 19 September 2022 / 11:05
Jakarta: Fobia merupakan istilah untuk mendefinisikan ketakutan yang berlebihan akan sesuatu sehingga membuat penderitanya kesulitan menjalani hidup yang tenang. Memiliki fobia terhadap sesuatu bisa dibilang lumrah dimiliki oleh seseorang. 

Tapi bagaimana bila fobia yang dimiliki terkesan aneh atau 'dibikin-bikin'. Ya, kadang bagi sebagian orang, fobia yang tak lazim dianggap hanya bualan belaka.

Sebagai contoh, orang yang takut terhadap nasi (Ryziphobia) di mana penderitanya bisa sampai pusing, sesak napas, atau mual bila melihat nasi. Padahal kalau dipikir, nasi merupakan makanan yang umum dikonsumsi, bahkan menjadi makanan pokok di sebagian negara. Indonesia, misalnya. 

Untuk fobia seperti ini bisa dibilang fobia yang aneh untuk diterima dengan akal sehat. Mau tahu fobia lain yang tergolong absurd menurut rangkuman laman Realbuzz?
 

1. Geniophobia


Merupakan ketakutan yang berlebihan terhadap dagu. Ya, bagian tubuh yang tidak berbahaya itu menempel di bagian bawah wajahmu!

Fobia lebih lanjut dari bagian tubuh yang tampaknya tidak bersalah termasuk genuphobia (takut lutut), chirophobia (takut tangan) dan ishicascadiggaphobia (takut siku). Karena fobia ini dapat membuat interaksi sosial yang normal menjadi sangat sulit, pengobatan melalui terapi sangat dianjurkan.


(Fobia ini menyebabkan pengidapnya takut terhadap sinar matahari. Pada beberapa kasus, orang yang mengalami gangguan ini merasa takut terkena kanker kulit. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

2. Heliphobia


Suatu kondisi yang langka namun tidak menguntungkan. Heliphobia mengacu pada rasa takut akan sinar matahari. Tidak hanya keluar di bawah sinar matahari memicu perasaan cemas dan panik yang parah pada penderita, tetapi penderita heliofobia juga dapat mengalami ketakutan akan cahaya terang. 

Paling sering ketakutan atau kondisi dikaitkan dengan kecemasan tentang bahaya yang dirasakan dari matahari. Hal ini tentu berbahaya bagi kesehatan, karena sinar matahari baik untuk mengatur suasana hati dan melindungi kesehatan tulang.
 

3. Geliophobia


Banyak penelitian menunjukkan bahwa tertawa sangat bagus untuk kesehatan kita, membantu membangun ikatan sosial, meningkatkan kesehatan mental dan menjaga hati. Namun, bagi mereka yang menderita geliophobia, tindakan tertawa, atau berada di sekitar orang-orang yang tertawa, sebenarnya dapat menyebabkan ketakutan dan kecemasan yang luar biasa.
 

4. Arachibutyrophobia


Ini mungkin bukan kondisi yang melemahkan atau mengubah hidup, namun tidak ada daftar fobia aneh yang akan lengkap tanpa dimasukkannya arachibutyrephobia, yakni ketakutan akan selai kacang yang menempel di langit-langit mulut.
 

5. Optophobia


Jika sebuah penghargaan diberikan untuk Phobia Paling Tidak Nyaman, pasti optophobia atau ketakutan untuk membuka mata jadi juaranya. Meskipun tindakan membuka mata adalah sesuatu yang hanya sedikit dari kita yang pernah memikirkannya, bagi penderita optofobia, tindakan sehari-hari yang sederhana ini bisa menjadi mimpi buruk.

Bagaimana, cukup mencengangkan, bukan? Semoga lima fobia di atas tidak dialami oleh Tema Gaya, ya!
(TIN)

MOST SEARCH