FITNESS & HEALTH

Ini Tips Buat Kamu yang Takut, tapi Penasaran Mau Nonton Pengabdi Setan 2: Communion

Mia Vale
Kamis 04 Agustus 2022 / 21:13
Jakarta: Kabar menggembirakan penonton Pengabdi Setan 2: Communion hari pertama tembus 500 ribu orang. Takut-takut tapi malah penasaran dan pengin nonton. Yah, namanya juga manusia wajar saja ada rasa penasaran.

Keinginan menonton film horor jika dilihat dari sisi psikologis menurut Psikolog anak, remaja, dan keluarga Efnie Indrianie, M.Psi dari Fakultas Psikologi, Universitas Kristen Maranatha, Bandung ini wajar adanya.

"Bahwa pada dasarnya takut merupakan salah satu emosi universal yang ada pada semua manusia di dunia," papar Efnie beberapa waktu lalu bicara soal mengapa menonton horor bikin takut tapi bikin nagih.

"Hal ini karena dua hal: Pertama, secara psikologis bahwa manusia melakukan persepsi atas apa yang dilihat. Artinya manusia mampu melakukan pemaknaan atas apa yang dilihat karena dibantu oleh sistem kerja otak. Kedua, jenis emosi yang dimunculkan adalah takut, itu karena hasil dari terjemahan otak tentang apa yang dilihat akan mengaktivasi sistem saraf simpatis yang merangsang aktivitas kimiawi tubuh yaitu glutamat," terang penulis buku 'SURVIVE menghadapi Quarter Life Crisis' ini.

Lalu, jika boleh dibilang menakutkan, mengapa banyak orang pantang menyerah menonton konten horor atau film horor walau sebenarnya ada rasa takut? 

"Hal ini karena konten horor merangsang juga mampu menstimulasi produksi hormon adrenalin di tubuh," kata Efnie.

"Hormon adrenalin mampu meningkatkan denyut jantung, ritme napas, tekanan otot, termasuk berbagai sensasi perubahan fisiologis lainnya," tambahnya lagi.

Dan lagi katanya, "Secara psikologis manusia selalu berusaha mempertahankan 'level of arousal' atau derajat ketergugahan. Dengan adanya stimulus berupa film horor (konten horor) maka ini akan memancing stimulasi level of arousal yang dapat rasa 'nagih' pada diri seseorang."

Jadi, bagi kamu yang masih takut-takut tapi mau menonton film horor nih, apalagi sedang trending banget film "Pengabdi Setan 2: Communion", yuk ikuti tips dari kami yang dihimpun dari berbagai sumber:



(Kalau kamu takut tapi kepo tetap ingin menonton film horor, kamu bisa mencoba menontonnya siang hari. "Balas" rasa cemas dan ketakutan kamu dengan kegiatan lain yang bikin kamu happy. Misalnya makan es krim sambil melihat kemacetan di sekitar mal. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

1. Baca sinopsis


Kalau kamu takut atau cemas tapi tetap keukeuh mau menonton film horor di bioskop, paling tidak bekali diri kamu dengan sedikit membaca sinopsis filmnya. Dalam sinopsis dan trailer di YouTube biasanya juga akan ada tayangan sekilas adegan-adegan yang seram yang bisa kamu antisipasi.
 

2. Film tetap menjadi fiksi


Ingatlah adegan seram itu tetap saja merupakan fiksi atau cerita rekaan. Kalau kamu bisa coping dengan stres, andalkan pikiran kamu untuk bisa juga koping dalam film horor ini. Apa pun yang terjadi, ingatlah kamu tetap baik-baik saja.
 

3. Hindari pemicu


Kalau kamu memang sangat penakut, maka sebaiknya hindari diri dari tercetus bahan apa pun yang bisa membuat kecemasan dan rasa ketakutan kamu menjadi berlebihan.
 

4. Ajak bicara teman atau sahabat kamu


Salah satu metode koping yang lainnya juga bisa dilakukan yaitu berbicara dengan teman atau sahabat terdekat kamu.

"Beban" ini sedikit banyak akan mengalir dan meringankan diri kamu secara otomatis. Tak ada salahnya juga bercerita pada mereka adegan-adegan yang membuat kamu takut atau terkaget-kaget.
 

5. Pilih menonton di jam siang atau sore


Mungkin ini adalah ide yang banyak dijalankan oleh banyak dari Teman Gaya. Menonton film horor di bioskop pada siang atau sore hari bisa membuat "perjuangan" kamu menghadapi ketakutan kamu lebih ringan.

Begitu keluar dari teater bioskop, kamu bisa mengalihkan rasa takut dan cemas kamu setelah menonton film horor dengan makan makanan kesukaan, mengudap es krim, atau makan makanan berat. Selesai itu kamu bisa istirahat deh! 

(TIN)

MOST SEARCH