FAMILY

Tips agar Kegiatan Masak Bersama Keluarga jadi Momen Menyenangkan

Yuni Yuli Yanti
Selasa 09 Agustus 2022 / 07:00
Jakarta: Kegiatan memasak bersama bisa menjadi salah satu pilihan mudah yang bisa dikembangkan sebagai momen berkualitas keluarga di akhir pekan. Menurut Vera Itabiliana selaku Psikolog Anak dan Keluarga Tiga Generasi, melalui kegiatan memasak bersama, banyak manfaat yang bisa diraih oleh seluruh anggota keluarga. 

"Mulai dari membangun (bonding) kedekatan di antara anak dan orang tua, memberikan rasa aman, nyaman dan hangat, pengembangan karakter bagi anak, meningkatkan rasa percaya diri Ibu dan anak, serta daya imajinasi sang buah hati," tuturnya dalam acara konferensi pers virtual KRAFT Quick Melt, Senin, (8/8). 


(Vera Itabiliana. Foto: Dok. Istimewa)

Nah, agar momen memasak bersama jadi terasa spesial dan menyenangkan, Vera menyebutkan tujuh poin penting yang perlu diperhatikan, seperti:

1. Jadwalkan kegiatan memasak ini sebagai kegiatan rutin dan tidak terbentur dengan aktivitas lain agar waktu bersama ini dapat terlaksana dengan mulus dan sepenuh hati.

2. Dalam pelaksanaannya selalu sediakan ruang untuk spontanitas karena biasanya yang spontan itu terasa lebih berkesan dan menyenangkan.

3. Gunakan hanya satu gadget jika diperlukan untuk melihat resep, gadget yang lain disingkirkan agar tidak menjadi distraksi.

4. Buatlah pembagian tugas dalam aktivitas memasak ini. Jadi waktu bersama sebetulnya sudah dimulai dari sebelum memasak. Misalnya "rapat" menentukan mau masak apa dan pembagian tugasnya seperti apa. Juga, ajak anak terlibat untuk berkreasi dengan bahan makanan, bisa dengan membuat atau melipat adonan, mencetak bahan, maupun kegiatan lainnya yang tidak berbahaya bagi buah hati.


(Memasak dapat membangun interaksi dan bonding antara anak dan orang tua. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

5. Pilih menu masakan yang mudah dan disukai semua anggota keluarga sehingga semua semangat untuk terlibat. Sebagai contoh, setiap anggota keluarga bisa bergantian memberikan usulan masakan. 

6. Fokus berkegiatan dan berinteraksi bersama dengan menyenangkan (tidak perlu terlalu banyak kritik dan aturan yang tidak krusial selama momen kebersamaan ini dihabiskan).

7. Jangan lupa untuk bangun kehangatan saat menikmati sajian bersama keluarga, karena ada penelitian yang menemukan bahwa keluarga yg rutin makan bersama berdampak positif pada kesejahteraan psikologis dan perilaku anak. 
(yyy)

MOST SEARCH