FAMILY

Moms Perlu Tahu, Ini Alasan Bayi di Bawah 1 Tahun Dilarang Konsumsi Madu

Medcom
Selasa 20 September 2022 / 18:14
Jakarta: Saat sang buah hati berkembang, para orang tua mulai mempelajari makanan apa saja yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi bayi. Moms harus tahu mana makanan yang cocok dan tidak cocok.

Makanan seperti susu sapi yang sulit untuk dicerna, makanan penutup yang banyak gula, dan makanan keras seperti roti tidak diperbolehkan. Ternyata selain itu, madu juga menjadi salah satu asupan yang tidak diperbolehkan untuk dimakan bayi. Apa alasannya?

Madu mengandung clostridium botulinum (spora bakteri). Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), botulisme dapat menyebabkan kondisi serius yang menyerang saraf tubuh pada bayi.

Gejala botulisme muncul di beberapa jam hingga hari setelah bayi menelan madu. Tanda-tandanya termasuk lesu, sembelit, nafsu makan turun, sulit bernapas, hingga sulit menelan makanan. Lebih buruk, dapat membuat dehidrasi hingga pneumonia.

Dokter anak selalu merekomendasikan mengonsumsi madu sebaiknya dilakukan saat berusia di atas 1 tahun. Jika di bawah umur itu, dilarang untuk memberikan madu demi menjaga kesehatannya.

Karena jika moms tetap memaksakan bayi mengonsumsi madu, maka yang terjadi adalah sistem pencernaan dan kekebalannya terganggu. Alhasil, bayi dapat sakit parah dan mungkin bisa fatal.

Ingat! Jangan pernah memberi makan madu kepada bayi di bawah usia 1 tahun, ya.

Aulia Putriningtias
 
(FIR)

MOST SEARCH