BEAUTY

Ladies, Begini Caranya Memilih Sunscreen untuk Kamu yang Berkulit Gelap

Medcom
Jumat 20 Mei 2022 / 07:00
Jakarta: Sunscreen atau tabir surya adalah salah satu produk perawatan kulit yang wajib dipakai untuk mencegah berbagai masalah kulit akibat paparan sinar matahari. Mulai dari kulit kering, kusam, munculnya bintik hitam dan tanda penuaan kulit hingga kanker kulit. 

Suncreen sangat diperlukan oleh setiap orang dengan berbagai jenis dan warna kulit. Namun, pada orang yang berkulit gelap, terkadang penggunaan sunscreen menyebabkan efek putih yang berlebihan. Bahkan, sering kali membuat kulit menjadi terlihat abu-abu.

Nah, untuk mencegah hal tersebut berikut adalah cara dalam memilih sunscreen yang tepat terutama untuk pemilik kulit gelap!

 

1. Pilih jenis chemical sunscreen 

Ada dua jenis sunscreen yaitu mineral dan chemical. Sunscreen mineral menggunakan zinc, titanium, atau oksida besi untuk membuat penghalang fisik yang menghalangi sinar matahari. 

Sedangkan, mineral sunscreen, menurut Woolery-Lloyd baik untuk kulit sensitif, tetapi jenis tersebut cenderung meninggalkan bekas putih yang sangat terlihat. "Untuk jenis kulit yang lebih gelap, chemical sunscreen secara kosmetik elegan karena bening dan tidak meninggalkan apa pun," katanya.

 

2. Pilih tinted sunscreen

Jika, kamu tidak bisa menghindari penggunaan mineral sunscreen, Dr Valerie Harvey, seorang ahli dermatologi di Newport News menyarankan untuk penggunaan tinted sunscreen karena bisa melindungi kulit dari tampilan keabu-abuan setelah menggunakan sunscreen.


(Suncreen sangat diperlukan oleh setiap orang dengan berbagai jenis dan warna kulit. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Pilih yang mengandung SPF 30 

Menurut Woolery-Lloyd, usahakan memilih sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30 untuk melindungi wajah dan kulitmu. “Sunscreen yang paling baik untuk Anda, selain kandungan SPF di dalamnya adalah yang cocok dengan kulit Anda dan tidak menimbulkan keluhan apa pun,” tutup Woolery-Lloyd.

 

4. Selalu gunakan pelembap

Dokter kulit, Dr Heather Woolery-Lloyd, direktur University of Miami’s Skin of Color Division mengatakan bahwa penting sekali untuk mengaplikasikan pelembap sebelum sunscreen untuk mengurangi risiko kulit kering yang bisa menyebabkan tampilan wajah menjadi keabu-abuan. Jika kulitmu kering, kemungkinan untuk kulit menjadi keabu-abuan lebih tinggi.
(yyy)

MOST SEARCH