BEAUTY

Ini Takaran yang Tepat saat Memakai Bahan Aktif Niacinamide

Medcom
Senin 03 Oktober 2022 / 09:34
Jakarta: Niacinamide merupakan salah satu bentuk vitamin B3 (niacin) yang berperan penting dalam metabolisme energi dan kesehatan sel. Zat ini juga menawarkan manfaat menarik untuk kesehatan kulit, sehingga niacinamide menjadi bahan umum yang terdapat dalam beberapa produk skincare.

Niacinamide muncul di banyak produk perawatan kulit, tetapi apa yang dilakukan niacinamide? Zat yang satu ini dikenal memiliki banyak manfaat untuk mempercantik kulit, mulai dari jerawat hingga mengurangi tanda penuaan.

Namun, perlu diketahui jika produk berbahan dasar niacinamide yang memiliki konsentrat tinggi dipakai secara berlebihan tentunya akan menimbulkan efek samping pada kulit. Yang seharusnya bahan ini bisa membantu perbaiki kerusakan, tapi jika berlebihan justru menimbulkan berbagai masalah baru pada kulit.
 

Berapa persen konsentrat niacin yang dibutuhkan kulit?

Studi menunjukkan manfaat untuk penampilan kulit dari produk topikal dengan konsentrasi antara 2 persen dan 5 persen, jadi carilah produk niacinamide dalam kisaran ini. Namun, ada juga beberapa produk yang mencapai konsentrasi 10 persen dan kamu perlu hati-hati dalam penggunaanya. Jika ragu sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit. Ingat, karena niacinamide pada awalnya dapat menyebabkan iritasi, penting bagi kamu untuk menggunakan produk dengan bahan ini sesuai petunjuk dan kondisi kulit.


(Niacinamide muncul di banyak produk perawatan kulit. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Bolehkah niacinamide dikombinasikan dengan zat lain?

Setiap produk memiliki kandungan yang berbeda. Niacinamide merupakan bahan aktif yang ada dalam produk skincare, yang mana zat tersebut sangat berperan penting. Niacinamide tidak boleh digabungkan dengan Vitamin C, AHA/BHA, dan zat-zat aktif lainnya. Hal itu disebabkan karena kedua zat tidak akan bekerja secara optimal dan justru memicu iritasi pada kulit.
 

Efek samping niacinamide

Mungkin kamu mengalami kemerahan dan iritasi saat mulai menggunakan produk niacinamide. Beberapa di antaranya adalah normal dan berkurang seiring waktu, tetapi iritasi yang berlangsung lama mungkin merupakan tanda dari terlalu banyak menggunakan produk atau konsentrasi produk niacinamide yang terlalu tinggi.

Segera konsultasikan dengan dokter kulit atau penyedia layanan kesehatan jika kamu melihat iritasi. Dokter akan melihat apakah periode transisi normal dengan produk itu dan kapan kamu mungkin perlu mempertimbangkan produk yang berbeda.


Nandhita Nur Fadjriah
(yyy)

MOST SEARCH