FITNESS & HEALTH

Tradisi dalam Menjaga Kesehatan Jantung dari Berbagai Negara di Dunia

Raka Lestari
Selasa 20 Oktober 2020 / 15:43
Jakarta: Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting untuk dilakukan. Hal ini karena mengalami gangguan pada jantung bisa berakibat sangat fatal, bahkan bisa menyebabkan kematian. Untuk mencegah berbagai penyakit yang berkaitan dengan jantung, berikut ini adalah beberapa cara yang biasa dilakukan oleh beberapa negara untuk menjaga kesehatan jantung:


1. Makan dalam porsi kecil 


Menurut Theodore Takata, MD, ahli elektrofisiologi jantung klinis di Texas Health Fort Worth, "Orang Jepang memiliki kontrol porsi yang tertanam dalam budaya mereka. Selain mengonsumsi makan-makanan yang sehat, orang Jepang menggunakan ungkapan 'Hara Hachi Bu'. Yang artinya adalah 80 persen, seperti 80 persen kenyang. Jika sampai 100 persen, seseorang dikatakan merasa tidak nyaman dan terlalu kenyang."


2. Mengonsumsi makanan yang difermentasi


Orang Korea biasanya akan menambahkan setiap masakannya dengan kimchi. Menurut ahli gizi dari Ornish Lifestyle Medicine, "Makanan yang sudah difermentasi mengurangi peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh, pencernaan dan kesehatan usus, mendukung penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme, memperbaiki kesehatan mental, dan bahkan mengurangi risiko penyakit jantung."


3. Mengonsumsi banyak daging ikan


Bukan rahasia lagi bahwa ikan itu sangat baik untuk kesehatan. Menambahkannya ke dalam makanan sehari-hari seperti yang dilakukan oleh orang Jepang dan Korea bisa memperpanjang umur. Rahasianya tidak terletak pada protein ikan dan vitamin D namun asam lemak omega-3. "Alasan utama mengapa negara-negara tersebut memiliki tingkat kesehatan jantung yang baik adalah karena ikan memiliki asam lemak omega-3 yang lebih banyak seperti EPA dan DHA. Ini dapat diukur dengan rasio AA / EPA dalam darah, yang tujuh kali lebih rendah. daripada orang Amerika, "kata Barry Sears, MD, presiden dari Inflammation Research Foundation.


4. Tidak menghabiskan terlalu banyak waktu dengan duduk 


Pada budaya Prancis dan Jepang, mereka terbiasa tidak terlalu banyak menghabiskan waktu dengan duduk dan menonton televisi. Menurut Dr. Takata, "Dengan membatasi jumlah waktu menonton televisi per minggu bisa mempermudah untuk mengingat berapa lama duduk untuk menonton televisi. Sebuah studi menunjukkan bahwa setiap jam menonton televisi setelah usia 25 tahun dapat mengurangi harapan hidup penontonnya sebesar 21,8 menit."


5. Sering berjalan kaki 


Di Prancis, Jepang, dan Korea, mengemudi terutama di kota-kota besar jarang dilakukan. Sebagai gantinya, orang sering berjalan kaki, bersepeda, atau naik kendaraan umum. "Bergerak secara natural pada kegiatan sehari-hari dapat membuat tubuh Anda lebih sehat yang berhubungan dengan memperpanjang umur." ujar Dr. Takata.
(YDH)

MOST SEARCH