BEAUTY

Jangan Sampai Muncul Kerutan, Ini Cara Efektif Mencegah Penuaan Dini

Yuni Yuli Yanti
Selasa 31 Mei 2022 / 08:00
Jakarta: Sekitar 90 persen tanda-tanda penuaan kulit di wajah disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlangsung sepanjang hidup. Selain itu, gaya hidup tidak sehat dan faktor lingkungan juga dapat mempengaruhi. 

Misalnya perubahan cuaca yang ekstrim, stres dan kesehatan yang buruk. Kondisi ini pun akan menjadi lebih parah saat kamu tidak merawat kulit dengan baik. 

Nah, untuk mencegah penuaan dini tersebut, ada beberapa cara efektif yang wajib kamu lakukan dengan segera, di antaranya:
 

Pakai sunscreen setiap hari

Melansir dari L’Oréal Paris, walaupun cuaca mendung atau hujan, kamu harus tetap memakai sunscreen. Begitu juga saat kamu beraktivitas di dalam ruangan. Perlu diketahui bahwa sinar UV yang terdapat di sinar matahari dapat menembus awan tebal dan hujan, dapat memantul di permukaan, serta dapat menembus kaca jendela.

Jika kamu banyak beraktivitas di luar ruangan, pilih sunscreen anti-aging dengan SPF 50+ serta PA++++, sedangkan jika banyak beraktivitas di dalam ruangan bisa memakai sunscreen yang kadar perlindungannya lebih rendah.
 

Rawat wajah dengan skincare 

Tak hanya harus konsisten dalam merawat wajah, kamu juga dianjurkan untuk menggunakan produk-produk skincare yang mengandung bahan-bahan yang memperlambat penuaan, seperti antioksidan, peptida, retinol, hyaluronic acid, AHA, BHA, dan kolagen. 
 

Jalani gaya hidup sehat

Mulai sekarang, kamu bisa mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan rutin berolahraga, meminimalkan konsumsi minuman beralkohol, tidur yang cukup selama delapan jam dalam sehari, serta menjaga kesehatan mental dengan baik untuk menghindari stres.


(Untuk mencegah penuaan dini, pastikan kamu merawat wajah dengan rutin menggunakan sunscreen dan serum. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Terapkan pola makan dengan nutrisi seimbang

Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan karbohidrat dapat mempercepat proses penuaan. Ini yang sebaiknya dikurangi jika ingin mendapatkan kulit yang awet muda. 

Mulailah menerapkan pola makan seimbang dengan konsumsi sayur dan buah segar yang lebih banyak, karena nutrisi di dalamnya dapat membantu mencegah kerusakan di kulit yang memicu terjadinya penuaan dini.
 

Berhenti Merokok

“Musuh” nomor dua kulit setelah sinar UV adalah rokok, karena itu cara mencegah penuaan dini selanjutnya adalah berhenti merokok. Rokok dapat merusak jaringan kolagen dan mengecilkan pembuluh darah sehingga aliran darah tersendat.

Padahal, kulit butuh oksigen dan nutrisi yang dialirkan ke seluruh tubuh lewat darah dalam jumlah yang mencukupi. Efeknya adalah proses penuaan yang berlangsung lebih cepat dan lebih awal dari seharusnya.
(yyy)

MOST SEARCH