BEAUTY

Kenali 5 Tanda Penuaan Dini di Wajah, Nomor 4 Jarang Disadari

Yuni Yuli Yanti
Selasa 31 Mei 2022 / 07:00
Jakarta: Penuaan dini adalah proses penuaan kulit yang berlangsung lebih cepat dari waktu semestinya. Pada awalnya, wujud penuaan ini memang tidak akan terlihat dengan jelas, apalagi saat usia 20-an, di mana kulit berada dalam kondisi yang prima. 

Namun, jika kamu abai dalam merawat kulit dan menjalani gaya hidup yang cenderung tidak sehat, maka penuaan dini dapat terjadi lebih cepat. 

Ada beberapa tanda penuaan kulit di wajah yang perlu kamu waspadai kemunculannya, dikutip dari L’Oréal Paris!
 

Kulit kusam 

Penyebabnya adalah karena melambatnya proses peluruhan sel-sel kulit mati di permukaan kulit, sehingga terjadi tumpukan sel-sel kulit mati yang membuat wajah terlihat kusam dan tak lagi bercahaya.
 

Warna kulit tidak merata

Penuaan dini menyebabkan warna kulit menjadi tidak merata di tempat-tempat tertentu. Ini mungkin karena ada bagian kulit yang menyimpan lebih banyak melanin daripada yang lain, atau fungsi tingkat hormonal pada wanita. Ketidakrataan ini dapat menyebabkan kulit tampak lebih tua dari usianya.


(Area mata yang terlihat cekung dan pipi terlihat sangat tirus adalah tanda berkurangnya volume wajah karena penuaan dini. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Garis-garis halus dan kerutan

Keduanya biasa muncul pada akhir usia 30-an dan semakin tampak jelas pada usia 40-an. Jika kamu masih berusia 30-an awal dan kerutan sudah muncul, maka dipastikan kamu mengalami penuaan dini.


Berkurangnya volume wajah

Akibat menurunnya produksi kolagen dan deposit lemak di kulit, maka kepadatan kulit pun menjadi berkurang sehingga wajah terlihat menyusut. Tanda-tandanya adalah area mata yang terlihat cekung dan pipi terlihat sangat tirus.


(Bintik hitam atau cokelat pada kulit juga bisa menjadi tanda penuaan dini pada wajah. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Lentigo

Biasa disebut dengan sun spot, tandanya adalah bintik hitam atau cokelat yang muncul di permukaan kulit. Lentigo biasa muncul di kulit wajah yang sering terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama dan berulang-ulang. Produksi melanin yang meningkat untuk melindungi kulit membuat lama-kelamaan muncul lentigo. 
(yyy)

MOST SEARCH