FITNESS & HEALTH

Lianhua Qingwen, Obat Tradisional Andalan China Mengobati Covid-19

Raka Lestari
Jumat 08 April 2022 / 19:20
Jakarta: Pemerintah Kota Shanghai mendistribusikan jutaan kotak obat tradisional Tiongkok (TCM) kepada penduduknya. Jutaan obat itu di antaranya produk herbal dan kapsul flu yang dikatakan dapat mengobati covid-19 untuk mengendalikan covid-19 yang meningkat lagi.

Ibu kota Tiongkok tersebut saat ini sedang melakukan perpanjangan kembali lockdown setelah dilaporkan ada lebih dari 17.000 penduduk yang terinfeksi covid-19 pada Rabu, 5 April lalu. Sebanyak 311 merupakan kasus bergejala, dari sekitar 26 juta populasi yang ada di Shanghai.

"Menghadapi varian Omicron yang sangat menular, kita harus menggunakan pengobatan TCM sesegera mungkin," kata Fang Min, presiden Shuguang Hospital.

"Untuk masyarakat umum, termasuk kelompok berisiko tinggi, menggunakan pengobatan TCM ketika epidemi parah memiliki efek pencegahan yang baik," katanya.

Fang Min juga menambahkan bahwa pengobatan tersebut telah dibagikan kepada 21 juta penduduk. Beberapa penduduk mengatakan kepada Reuters bahwa mereka telah menerima kotak obat flu yang dijual bebas Lianhua Qingwen dari komite lingkungan dalam beberapa pekan terakhir. Beberapa lainnya yang tertular covid-19 mengatakan mereka mendapat obat TCM untuk dilarutkan dalam air panas.

“Sekitar 98 persen pasien covid-19 di Shanghai menjalani pengobatan TCM, dan tim pekerja TCM telah menyebar ke rumah sakit dan tempat karantina yang ditunjuk sejak wabah terbaru dimulai pada Maret lalu,” kata Fang.

Otoritas kesehatan China telah merekomendasikan beberapa obat dan bahan TCM, seperti Lianhua Qingwen untuk digunakan oleh pasien covid-19. Meskipun memang kurangnya data klinis yang bisa dipercaya menyebabkan penggunaan terbatas obat-obatan tersebut di luar negeri.

Singapura yang memiliki populasi etnis Tionghoa yang besar, mengatakan pada November lalu bahwa tidak ada bukti ilmiah dari uji klinis acak bahwa produk herbal apa pun. Termasuk Lianhua Qingwen, untuk dapat digunakan untuk mencegah atau mengobati covid-19.

Singapura menyarankan penggunaan semua produk herbal yang diformulasikan untuk pilek dan flu biasa hanya untuk mengatasi gejala seperti sakit kepala, pilek atau hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan batuk.

Pada 2020, regulator AS Food and Drugs Administration memperingatkan vendor Lianhua Qingwen untuk berhenti menjualnya sebagai pengobatan covid-19.
(FIR)

MOST SEARCH