FITNESS & HEALTH

Apakah Tidur di Lantai Dapat Meredakan Nyeri Punggung?

Raka Lestari
Sabtu 15 Januari 2022 / 17:10
Jakarta: Bagi mereka yang menyukai tidur di lantai, mungkin menganggap bahwa tidur di permukaan yang keras dapat bermanfaat untuk meredakan nyeri punggung. Dan memang, penelitian menunjukkan bahwa itulah cara nenek moyang kita melakukannya. Namun apakah hal tersebut benar adanya?

Menurut Jennifer L. Solomon, M.D., ahli fisioterapi di Rumah Sakit untuk Bedah Khusus, secara jangka panjang jawabannya adalah tidak. Namun untuk jangka pendek, seseorang yang mengalami rasa sakit akut pada punggungnya mungkin akan merasa sedikit nyaman ketika tidur pada posisi yang berbeda, seperti di lantai.

Biasanya ini terjadi saat seseorang berbaring di atas dengan lutut yang ke atas, sehingga menekan punggung mereka. Itu juga yang menyebabkan mengapa orang-orang lebih mengatakan bahwa kasur yang keras merupakan pilihan terbaik untuk mereka yang mengalami sakit punggung.

Cara untuk mengatasi punggung yang sakit tanpa harus tidur di lantai, menurut Solomon, bisa dengan menaruh bantal di belakang atau di antara lipatan lutut untuk mencapai keselarasan tulang belakang yang tepat. Dan ketika kamu melakukannya, tidak perlu menumpuk terlalu banyak bantal, bisa hanya dengan satu atau dua bantal agar tidak menyebabkan sakit leher.

Namun, sebenarnya posisi tidur dan permukaan tempat tidur bukan satu-satunya hal yang memengaruhi tulang belakang. Menurut Solomon, kesehatan tulang belakang juga ditentukan oleh seberapa banyak seseorang melakukan olahraga, seberapa sehat makanan yang dikonsumsi, dan bagaimana cara mengelola stres yang dihadapi.

"Tidak ada satu obat ajaib yang dapat menghilangkan sakit punggung. Ada banyak faktor yang memengaruhi kesehatan tulang belakang dan tidur hanyalah salah satu aspeknya," tutup Solomon.
(FIR)

MOST SEARCH