End Google Analytics -->
BEAUTY

3 Cara Menjaga Kulit Tetap Kenyal, Bahkan di Musim Penghujan

Mia Vale
Selasa 22 November 2022 / 07:00
Jakarta: Curah hujan sudah mulai tinggi, sehingga musim hujan membuat cuaca menjadi dingin dan lembap. Akibatnya, kulit bisa menjadi terasa kering, bahkan pecah-pecah. Ya, perubahan ini tergolong wajar dialami ketika memasuki musim hujan.

Nah, untuk mempertahankan penampilan kulit yang lembap dan bercahaya sepanjang tahun, lakukan langkah sederhana dalam perawatan kulitmu seperti berikut ini:
 

Mulailah dengan serum yang menghidrasi

Jika belum pernah menggunakan serum asam hialuronat di musim panas, kamu wajib mencobanya sekarang. Asam hialuronat (hyaluronic acid) adalah humektan yang berarti menarik kelembapan ke dalam kulit, menjadikannya langkah pertama yang penting untuk mendapatkan kulit yang lembap. Karena mekanisme ini, penting juga untuk mengaplikasikannya pada kulit yang lembap pasca-pembersihan. Oleskan HA pagi dan malam tepat setelah toner atau esensi jika menggunakannya.


(Serum. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Kunci rutinitas minyak

Alih-alih mengoleskan pelembap sebagai langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit, lakukan hidrasi selangkah lebih maju yang diakhiri dengan minyak. Jika kamu memiliki kulit yang cenderung berjerawat, pilihlah minyak jojoba, rosehip, atau biji anggur untuk hidrasi yang tidak menyumbat pori-pori. Minyak nabati bertindak sebagai lapisan oklusif, duduk di atas serum dan losion pelembap. Ini penting jika ingin tampilan terhidrasi bertahan sepanjang hari atau sepanjang malam.


(Jojoba oil. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Tingkatkan hidrasi internal

Kulit dehidrasi benar-benar menyebalkan dan tidak sama dengan memiliki kulit kering. Dibanding jenis kulit, kulit dehidrasi lebih merupakan kondisi kulit situasional dan untungnya, bisa diperbaiki. Tentu saja, meningkatkan asupan air harian adalah suatu keharusan, tetapi kamu juga harus mencari bahan yang menghidrasi kulit dari dalam. Nah, kamu juga bisa minum HA untuk mengatasi kulit kering dari dalam. Plus, itu bahkan dapat membantu kulit keriput dan penuaan kulit.

Menurut dokter naturopati Nigma Talib, N.D., saat mencapai usia 40-an, seseorang memiliki berkisar 50 persen dari HA yang kamu miliki selama masa muda. Dan ketika asam hialuronat tubuh menurun, kamu mungkin melihat tanda-tanda fisik penuaan kulit, seperti garis halus, kerutan, dan kulit kering dan kusam.
(yyy)

MOST SEARCH