BEAUTY

Mengenal 5 Jenis Masker Kecantikan dan Manfaatnya untuk Kulit

Yuni Yuli Yanti
Jumat 27 Mei 2022 / 10:00
Jakarta: Ladies, tahukah kamu bahwa tidak semua jenis masker kecantikan bisa digunakan oleh semua jenis kulit. Ada jenis masker tertentu yang penggunaannya memang disarankan untuk jenis kulit tertentu. Misalnya, masker untuk kulit sensitif tentu berbeda dengan masker untuk jerawat, kulit kusam dan sebagainya. 

Berikut ini adalah jenis-jenis masker kecantikan dan manfaatnya untuk kulit, di antaranya:

 

Sheet mask

Melansir dari Loreal Paris, jenis masker wajah ini memiliki efektivitas yang tinggi dalam menutrisi kulit dan bisa digunakan oleh semua jenis kulit. Tentu saja, karena lembaran maskernya bisa berupa kertas atau hydrogel yang mengandung cairan serum yang berlimpah. 

Kamu bisa memilih kandungan bahan aktif yang sesuai dengan tujuan penggunaan masker, misalnya glycolic acid di masker wajah untuk mencerahkan dan glowing atau hyaluronic acid untuk menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit wajah.
 

Clay mask

Jenis masker ini terbuat dari clay yang memiliki daya serap yang tinggi terhadap minyak, bahkan sampai ke pori-pori. Karena itu, masker ini cocok untuk jenis kulit wajah berminyak dan rentan berjerawat. Tak hanya dapat mengontrol minyak dan membersihkan kulit wajah secara mendalam, masker ini juga dapat mengencangkan kulit wajah. Karena dapat membuat kulit menjadi kering setelah pemakaian, maka kamu disarankan untuk langsung mengaplikasikan pelembap.


(Sheet mask. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Peel off mask

Jenis masker ini bisa digunakan untuk eksfoliasi karena dapat mengangkat lapisan kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati di permukaan wajah sampai ke pori-pori. Sebagai masker untuk mencerahkan wajah kusam, peel off mask dapat digunakan oleh semua jenis kulit. Namun, kamu harus berhati-hati saat mengelupas masker ini karena jika terlalu kasar, maka dapat mengganggu kondisi skin barrier. 


(Clay mask. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Gel mask

Memiliki kandungan air yang tinggi, jenis masker ini sangat cocok untuk kulit wajah yang sedang dehidrasi atau mengalami peradangan karena dapat membantu menghidrasi, menyejukkan, dan menyegarkan kulit. Pemakaian secara teratur membuat kulit jadi terhidrasi, lembap, kenyal, lembut, dan tampak cerah. Jenis masker ini cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit yang sensitif.
 

Cream mask

Masker yang berbahan dasar krim ini biasanya mengandung bahan pelembap sehingga cocok digunakan oleh jenis kulit normal, kering, dan kombinasi. Ada pula cream mask yang ditujukan untuk pemilik kulit berminyak dengan kandungan bahan-bahan yang khusus ditujukan untuk merawat kulit berminyak. Cream mask juga cocok sebagai masker wajah yang bagus untuk mencerahkan, karena dapat menghidrasi, melembapkan, dan kulit kusam. 
(yyy)

MOST SEARCH