End Google Analytics -->
BEAUTY

Bintik Hitam di Bibir, Apa Artinya dan Berbahayakah?

Mia Vale
Jumat 18 November 2022 / 09:00
Jakarta: Warna cerah merata atau pink pada bibir umumnya dimiliki oleh seseorang dengan usia muda. Seiring waktu, warna bibir cenderung memudar. Dan bila diperhatikan, ada kemungkinan bibir menjadi lebih tipis. Pun bila diamati mulai timbul bintik-bintik gelap di bibir.
Bila hal itu terjadi, ada baiknya segera diperiksakan.

Dokter mungkin mencari bintik-bintik yang mengkhawatirkan di mulut, bibir, atau lidah pada pemeriksaan gigi rutin. Yang harus diingat, jangan menunda untuk memeriksakan ke dokter jika melihat tempat baru atau yang mengkhawatirkan. 

"Bibir seperti kulit, jadi masih bisa mendapatkan bintik-bintik penuaan, bintik akibat sengatan matahari, atau bintik-bintik lain yang kami khawatirkan," ujar Tricia Quartey-Sagaille, DMD, FAGD, dan juru bicara American Dental Association.
 

Penyebab bintik hitam di bibir

Masih dijelaskan oleh Dr. Quartey-Sagaille bahwa bintik-bintik di bibir bisa menandakan banyak hal. Terkadang sama sekali tidak berbahaya seperti bintik yang tidak pernah  disadari atau pembuluh darah di mulut. Umumnya, bintik-bintik ini tumbuh seiring bertambahnya usia dan lebih mudah dilihat saat kulit menipis dan menjadi lebih lembut.

Penyebab umum lainnya dari bercak berwarna gelap pada bibir adalah iritasi yang akan hilang dengan sendirinya. Itu bisa dari luka bakar, bibir pecah-pecah atau memegang rokok di mulut. Dokter gigi dapat memeriksanya dan memberi beberapa tip untuk mencegah iritasi.


(Untuk menghindari timbulnya bintik-bintik pada bibir, gunakan lip balm yang dapat melindungi sinar matahari. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Tanda dan gejala

Bintik kebiruan juga bisa menjadi tanda kondisi keturunan Sindrom Peutz-Jeghers, yang ditandai dengan polip di perut dan usus. Bintik-bintik itu paling sering terjadi pada anak-anak. Reaksi alergi juga muncul di bibir. Gatal atau bengkak pada bibir dan lidah bisa menandakan alergi makanan.

Alergi terhadap makanan juga bisa muncul sebagai bintik yang berubah warna. Gejala biasanya muncul segera setelah makan. Buah dan sayuran mentah adalah penyebab pada umumnya. Bibir juga dapat bereaksi terhadap riasan, losion wajah, dan tabir surya.

Bintik baru di bibir bisa jadi merupakan salah satu dari banyak hal yang tidak berbahaya, seperti bintik yang baru dilihat atau akibat bibir kering. "Tapi seperti bintik-bintik baru di lidah, bintik-bintik yang berubah warna di bibir bisa menjadi sesuatu yang lebih memprihatinkan seperti kanker kulit", ujar Dr. Quartey-Sagaille, seperti dinukil dari The Healthy.
 

Apa yang harus dilakukan?

Hal terbaik untuk dilakukan adalah memeriksakannya ke profesional medis daripada menunggu dan melihat atau mencoba mendiagnosisnya sendiri di rumah. Kamu dapat menemui dokter gigi atau dokter kulit. Mereka akan segera melakukan pemeriksaan mendalam, bila:

- Apakah tumbuh dengan cepat
- Lembut atau berdarah
- Memiliki batas yang tidak beraturan
- Memiliki nada warna yang berbeda

Untuk menghindari timbulnya bintik-bintik pada bibir, gunakan lip balm yang dapat melindungi sinar matahari dan usahakan untuk tidak merokok.
(yyy)

MOST SEARCH