FITNESS & HEALTH

Makanan Terbaik untuk Menjaga Tubuh Tetap Fit saat Musim Hujan

Yuni Yuli Yanti
Kamis 11 Agustus 2022 / 09:00
Jakarta: Musim hujan membawa angin segar dan kegembiraan dalam hidup kita. Hujan mengingatkan kita pada masa kecil kita yang penuh kegembiraan dan bersamaan dengan itu juga membawa beberapa kenangan akan makanan lezat. 

Namun, dibalik kegembiraan tersebut musim hujan juga identik dengan timbulnya berbagai masalah kesehatan. 

Nah, untuk menjaga sistem imunitas dan tubuhmu tetap fit selama musim hujan, kamu perlu mengonsumsi beberapa makanan terbaik seperti di bawah ini:
 

1. Buah-buahan

Buah-buahan musiman seperti pir, plum, ceri, apel, jambu, dan delima kaya akan nutrisi seperti vitamin A dan C, antioksidan, dan serat. Buah-buahan ini akan membantu membangun sistem kekebalan yang kuat sehingga kamu tidak mudah jatuh sakit. 

Pilih potongan buah yang baru dipotong atau buat smoothie di rumah daripada membelinya di toko penjual. Dianjurkan untuk membatasi makan di luar selama musim hujan. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

2. Jahe

Tak diragukan lagi kalau secangkir teh jahe hangat adalah minuman yang menjadi favoritnya kebanyakan orang saat musim hujan. Minuman ini akan membantu menenangkan tenggorokan dan melawan penyakit apa pun yang terkait dengannya. Jahe memiliki efek anti-inflamasi, antibiotik, dan antioksidan. Ini juga membantu melawan kedinginan dan demam virus, yang sangat umum selama musim hujan. 

Jika kamu tidak menyukai teh jahe, kamu dapat menghancurkan atau mengekstrak jahe dan mencampurnya dengan madu dan meminumnya satu sendok makan setiap hari atau menambahkannya ke semangkuk sup.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

3. Rempah-rempah

Masakan Indonesia diperkaya dan menggunakan berbagai rempah-rempah seperti kunyit, bawang putih, merica, kayu manis, kapulaga, dan pala. Rempah-rempah ini memiliki anti jamur, antimikroba, dan anti bakteri yang berfungsi sebagai penguat kekebalan tubuh. Rempah-rempah ini, bila ditambahkan secara teratur ke makanan kita, membantu kita melindungi dari infeksi seperti pilek, flu, dan diare.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

4. Kacang

Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji fenugreek, walnut, kurma, almond, kacang mete, dan kacang tanah mengandung protein, vitamin, mineral, dan lemak sehat. Buah-buahan dan kacang-kacangan kering diisi dengan riboflavin dan niasin yang membantu membangun kekebalan kita dan antioksidan yang ada di dalamnya menjaga sel-sel kita tetap sehat dan mendorong pertumbuhan kembali sel.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
(yyy)

MOST SEARCH