FITNESS & HEALTH

5 Makanan Mengandung Karbohidrat sebagai Pengganti Nasi

Mia Vale
Selasa 14 Juni 2022 / 19:48
Jakarta: Beras adalah makanan serbaguna, sehat, dan murah yang membentuk landasan diet orang di seluruh dunia. Ini adalah sumber karbohidrat yang kaya, sebagai sumber energi utama tubuh, meningkatkan tingkat energi, memicu olahraga, dan membantu orang merasa puas dan kenyang.

Namun, beberapa orang mungkin ingin menukar beras dengan pilihan lain. Ini mungkin karena mereka:
- Punya alergi.
- Lebih suka makan lebih sedikit karbohidrat.
- Mmencoba mengonsumsi lebih sedikit kalori.
- Mmencoba memasukkan lebih banyak jenis biji-bijian ke dalam makanan merek.

Melansir dari Medical News Today, ada beberapa banyak pengganti nasi yang terjangkau, bergizi, dan enak yang mudah dibuat di rumah.
 

1. Kentang


Merupakan salah satu jenis makanan berkarbohidrat yang aman bagi tubuh. Makanan ini bisa membuat kenyang lebih lama.

Kandungan nutrisi pada B6, B1, B3, dan B5 baik untuk kesehatan tubuh. Sifat kentang yang mudah diolah, membuat makanan ini populer sebagai pengganti nasi yang enak dan rendah kalori.
 

2. Roti


Makan roti menjadi pilihan bagi kamu yang tidak suka nasi. Bagi yang sedang diet, sebaiknya konsumsi roti gandum utuh sebagai pilihan makanan berat. Serat yang ada dalam oat dapat memperbaiki sistem pencernaan dan juga mengontrol berat badan.
 

3. Biji gandum


Teksturnya yang renyah membuat banyak orang meragukan manfaat quinoa. Yang perlu diketahui adalah bahwa quinoa juga merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh.

Kebanyakan orang Indonesia yang mengonsumsi quinoa, biasanya akan mencoba mengolahnya menjadi nasi goreng. Sama seperti nasi biasa, kamu bisa menambahkan bumbu nasi goreng seperti biasa. Yang pasti ini akan menjadi sajian yang lezat dan memiliki tekstur yang unik karena berasal dari quinoa.
 

4. Gandum


Oat adalah biji-bijian yang sangat sehat karena kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Ada varian oat yang mengandung serat tinggi, yaitu beta-glucan oats.

Oat juga merupakan sumber protein yang baik. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi oat secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol. Makan oat juga bisa menurunkan kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes tipe 2. Selain itu, oat sangat mengenyangkan sehingga cocok untuk diet.
 

5. Pisang


Pisang merupakan buah populer yang sering diolah menjadi berbagai makanan. Satu buah pisang besar (136 gram) mengandung bekisar 31 gram karbohidrat, baik dalam bentuk pati maupun gula (20).

Pisang juga tinggi potasium, vitamin B6, vitamin C, dan mengandung beberapa senyawa nabati yang bermanfaat bagi tubuh. Berkat kandungan potasiumnya yang tinggi, pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.
(FIR)

MOST SEARCH