FITNESS & HEALTH

Buah Kering Bikin Kamu Punya Pola Kesehatan yang Baik

Kumara Anggita
Senin 30 November 2020 / 19:00
Jakarta: Buah adalah salah satu asupan yang perlu kamu makan, karena di dalamnya terdapat banyak nutrisi yang tubuh kamu butuhkan. Namun, sayangnya masih banyak orang yang tidak suka makan buah.

Bila kamu adalah salah satu dari mereka yang malas makan buah, mungkin setidaknya kamu bisa mencoba makan buah kering sebagai salah satu solusinya.
 

Buah sebagai camilan sehat


Dikutip dari Medical News Today, buah kering menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan dengan buah segar dalam hal biaya, ketersediaan, serta kemudahan penyimpanan dan transportasi. Ini juga bisa menggantikan makanan ringan yang lebih tidak sehat yang tinggi gula, garam, dan lemak jenuh.

Studi observasi sebelumnya telah menemukan bahwa makan buah kering dikaitkan dengan manfaat kesehatan. Namun, bukti tersebut tidak meyakinkan karena orang yang makan lebih banyak buah kering cenderung memiliki pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat secara keseluruhan.

Studi baru oleh para peneliti di Pennsylvania (Penn) State University di University Park, bertujuan untuk mengatasi kesulitan ini. Perbandingannya dilihat cara partisipan menghabiskan hari-hari mereka memakan buah kering, dengan tidak memakan sama sekali.

Hasilnya ditemukan bahwa orang yang cenderung mengonsumsi lebih banyak memiliki nutrisi penting pada hari mereka dengan memakan buah kering, termasuk serat makanan dan kalium. Namun, penelitian ini juga menemukan bahwa mereka mengonsumsi lebih banyak kalori di hari itu.

“Buah kering bisa menjadi pilihan yang bagus untuk camilan bergizi, tetapi konsumen mungkin ingin memastikan mereka memilih versi tanpa pemanis tanpa tambahan gula,” kata Valerie Sullivan dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health di Baltimore, MD, yang merupakan mahasiswa pascasarjana di Penn State saat dia memimpin studi yang ada di Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics.

“Ukuran porsi juga bisa rumit karena satu porsi buah kering lebih kecil daripada satu porsi buah segar karena airnya sudah dikeluarkan. Namun, hal positifnya adalah buah kering dapat membantu orang-orang berpotensi mengonsumsi lebih banyak buah, karena mudah dibawa-bawa, tahan simpan, dan bahkan bisa lebih murah,” lanjutnya.
 

Gaya hidup aktif


Secara keseluruhan, temuan menunjukkan bahwa orang yang makan buah kering mengeluarkan lebih banyak energi, mengimbangi kalori ekstra yang dimakan di hari mereka makan buah kering.

"Dalam penelitian kami, orang yang mengonsumsi buah-buahan kering memiliki asupan kalori yang lebih tinggi tetapi BMI dan lingkar pinggang yang lebih rendah, yang menunjukkan bahwa mereka lebih aktif secara fisik," kata rekan penulis Penny Kris-Etherton, Profesor Ilmu Gizi Universitas Evan Pugh di Penn. Negara.

“Jadi, saat memasukkan buah-buahan kering, perhatikan kalori dan pastikan untuk mengganti kalori dari makanan bergizi rendah dengan buah-buahan kering untuk mendapatkan manfaat terbesar dari makan buah-buahan kering,” tambahnya.

Para penulis mengakui bahwa penelitian mereka tidak membuktikan bahwa makan buah kering meningkatkan kesehatan, hanya tampaknya ada hubungannya. Orang yang cenderung makan buah kering mungkin memiliki kesehatan yang lebih baik karena alasan lain, seperti berolahraga lebih banyak atau atau menjalani hidup yang tidak terlalu stres.
(FIR)

MOST SEARCH