BEAUTY

Enggak Cuma Baik untuk Tubuh, Ini Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

Yuni Yuli Yanti
Kamis 16 Juni 2022 / 08:00
Jakarta: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), merekomendasikan makan satu hingga dua porsi ikan per minggu untuk menunjang pasokan asam lemak omega-3, yang dapat meningkatkan imun, sehingga tubuh dapat melawan berbagai penyakit. 

Minyak ikan adalah salah satu sumber terbaik dari asam lemak esensial Omega-3. Selain manfaat kesehatan tubuh, asam lemak omega-3 ternyata juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan rambut dan kulit.

Berikut manfaat minyak ikan dalam merawat kulit dan rambut yang jarang diketahui: 
 

Mengatasi jerawat

Salah satu penyebab utama timbulnya jerawat adalah peradangan kulit di jaringan dan tingkat sel. Minyak ikan dikenal bisa menurunkan peradangan pada darah dan jaringan tubuh. Selain itu, pengurangan peradangan dalam darah juga dapat menenangkan sel-sel kulit. Nah, sifat anti-inflamasi minyak ikan mencegah masalah jerawat karena membantu menutup pori-pori kulit yang terbuka. 
 

Mencegah penuaan dini

Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Ini membantu kita mendapatkan kulit awet muda dan mencegah tanda-tanda awal penuaan seperti kerutan dan garis-garis halus. Omega-3 juga membuat sel kulit terhidrasi, sehingga kulitmu tidak mudah kering dan kusam. 


(Minyak ikan juga merupakan sumber protein yang baik. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari

Keluar di siang hari dan membiarkan kulit dan rambut kita terkena sinar matahari dapat merusak keduanya. Konsumsi minyak ikan setiap hari tidak hanya menyembuhkan kerusakan yang disebabkan oleh terlalu banyak paparan sinar matahari, tetapi juga membentuk perisai pelindung terhadap sinar UV matahari untuk kulit dan rambut. Konsumsi setidaknya 3 hingga 4 kapsul minyak ikan sehari. Kamu akan melihat perubahan pada kesehatan kulit dan rambut dalam beberapa minggu.
 

Memperkuat akar rambut

Minyak ikan juga merupakan sumber protein yang baik. Protein berperan penting dalam perawatan rambut. Asam lemak omega-3 bermanfaat bagi kulit kepala serta memperkuat akar rambut dan helai rambut dari dalam. Hal ini membuat rambut menjadi lebih sehat, berkilau dan kuat dari sebelumnya. Konsumsi minyak ikan setiap hari juga dapat meminimalkan masalah rambut bercabang.
(yyy)

MOST SEARCH