FITNESS & HEALTH

5 Alasan Mengukus Makanan Lebih Baik untuk Kesehatan

Yuni Yuli Yanti
Selasa 16 Agustus 2022 / 11:00
Jakarta: Mengukus adalah proses memasak dengan menggunakan cairan atau uap air, tanpa terpapar air mendidih yang ada di bawah saringan. Prinsipnya, cara ini membuat makanan menjadi matang karena uap panas. 

Nah, karena dalam proses mengukus tidak menggunakan minyak, maka ini dianggap sebagai alternatif yang sehat untuk memasak tradisional.

Melansir dari Health Shots, seorang pakar nutrisi asal India, Pooja Makhija menyebutkan beberapa alasan mengapa makanan kukus adalah yang paling sehat.

Melalui unggahan video di akun Instagramnya, Makhija menyebutkan memasak dengan uap itu serbaguna dan sehat.  Berikut adalah lima alasan makanan yang dikukus baik untuk kesehatan, yaitu: 


1. Menjaga vitamin dan mineral tetap utuh

Metode memasak konvensional seperti menggoreng atau merebus sangat sedikit membantu dalam menjaga kualitas gizi makanan. Sementara, proses mengukus dapat mempertahankan vitamin dan mineral penting yang ditemukan dalam sayuran. 

Selain itu, mengukus juga dapat memperkuat kekuatan vitamin tertentu seperti Vitamin B, tiamin, niasin, dan Vitamin C. Serta, beberapa mineral seperti kalium, kalsium, fosfor, dan seng agar tetap utuh.


2. Tidak memerlukan minyak

Metode mengukus, seperti namanya, hanya menggunakan uap untuk memasak makanan tanpa perlu minyak, sesuatu yang merupakan bahan pokok untuk menggoreng. Makanan yang disiapkan dengan cara dikukus memiliki kandungan lemak yang rendah dibandingkan makanan yang dimasak menggunakan minyak. Oleh karena itu, proses ini kerap menjadi solusi yang menguntungkan bagi siapa saja yang ingin menurunkan berat badan!
 

3. Membuat makanan mudah dicerna

Proses pengukusan membuat sayuran dan buah yang dimasak menjadi lembut, sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Dengan cara ini, tubuh Anda dapat menikmati semua kebaikan nutrisi dengan mulus.


(Makanan yang disiapkan dengan cara dikukus memiliki kandungan lemak yang rendah. Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)

 

4. Alat masak mudah dicuci

Keuntungan utama dari proses pengukusan adalah bahwa banyak sayuran dapat dikukus pada saat yang sama tanpa transfer rasa. Seperti memasak biasa dalam minyak atau air, bejana kukus mudah dibersihkan karena tidak ada zat lengket yang perlu dibersihkan.
 

5. Membantu menjaga kolesterol tetap terkendali

Memasak makanan dengan bantuan metode mengukus dapat menjaga kolesterol tetap terkendali. Ini karena tidak ada penggunaan minyak saat memasak. Pematangan makanan murni hanya dengan bantuan uap. Karena metode mengukus menjauhkan penggunaan minyak, seseorang dilarang mengonsumsi lemak tambahan atau minyak jenuh yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.


(yyy)

MOST SEARCH