FITNESS & HEALTH

Catat! 7 Makanan untuk Mengencangkan Payudara yang Kendur

Yuni Yuli Yanti
Kamis 04 Agustus 2022 / 12:00
Jakarta: Payudara kendur adalah tanda-tanda umum penuaan. Faktanya, faktor lain seperti menopause, defisiensi estrogen, kehamilan, obesitas, dan stres juga dapat memperburuk masalah ini. Bahkan, payudara yang mulai mengendur dapat mengganggu penampilan sehingga menurunkan kepercayaan diri.

Banyak wanita mengabaikan perubahan ini karena mereka percaya itu wajar. Namun, menurut Dr Jinal Patel, Ahli Diet, Rumah Sakit Apollo Spectra, Mumbai, India, setidaknya kamu dapat mengelolanya sampai tingkat tertentu dengan beberapa makanan. 

Melansir dari Health Shots, dr. Patel menyebutkan tujuh makanan yang dapat membantu mengencangkan payudara, di antaranya:
 

1. Lentil

Lentil, susu, dan telur adalah makanan kaya protein yang dapat membantu mengencangkan payudara.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

2. Kacang

Kacang sarat dengan serat dan mencegah payudara kendur setelah kehamilan dan karena bertambahnya usia, dengan menjaga pembentukan jaringan yang sehat.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

3. Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang menjaga aliran darah tetap sehat dan lancar, terutama pada payudara wanita setelah menyusui, dan mencegah payudara kendur.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

4. Plum

Antioksidan anti-penuaan dan anti-kanker dapat ditemukan dalam buah plum, persik, dan blueberry. Antioksidan ini juga menjaga pembuluh darah tetap terbuka, meningkatkan aliran darah yang lancar. Payudara akan tetap lebih berisi dan kencang sebagai hasil dari aliran darah yang sehat.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

5. Biji-bijian

Untuk menjaga payudara tetap kencang, biji labu, biji bunga matahari, biji rami, dan biji adas manis cenderung meningkatkan kadar estrogen alami dalam tubuh. Sebagai sumber protein dan lemak yang kuat, selain biji-bijian, kacang-kacangan juga baik untuk ukuran payudara. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

6. Sayuran silangan

Sayuran seperti brokoli, kubis, dan kembang kol memiliki fitoestrogen, yang meniru estrogen dan menjaga kesehatan payudara. Ingatlah, bahwa sayuran berdaun hijau harus menjadi bagian dari diet harianmu, apa pun masalahnya.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

7. Ikan berlemak

Salmon, sarden, tuna, dan ikan berlemak lainnya adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Mereka dapat membantu memperbaiki kerusakan yang dilakukan oleh radikal bebas, menjadikannya baik untuk mengangkat payudara yang kendur. Faktanya, beberapa makanan laut telah terbukti meningkatkan hormon seks dan mendorong perkembangan jaringan payudara.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Nah, selain ketujuh jenis makanan tersebut, dr. Patel juga mengingatkan untuk melakukan beberapa latihan yang dapat menstimulasi pengencangan otot payudara. 
(yyy)

MOST SEARCH