KULINER

Korea Utara Mengklaim Kimg Jong Il Merupakan Penemu Burrito

Raka Lestari
Kamis 06 Januari 2022 / 22:55
Jakarta: Sebuah media di Korea Utara mengklaim bahwa Kim Jong Il, yang merupakan ayah dari Kim Jong Un merupakan penemu burrito. Hal ini dibuktikan dengan video yang menggambarkan para warga Korea Utara sedang mengunyah burrito.

Menurut laporan dari The Sun, yang mengutip dari Rodong Sinmun menyebutkan bahwa Kim Jong Il pada tahun 2011 menemukan burrito dan menyebutnya dengan “wheat wraps”. Ide tersebut ditemukan tidak lama sebelum Kim Jong Il mengalami serangan jantung yang fatal.

Juru bicara di Pyongyang juga menyebutkan bahwa temuan dari Kim Jong Il tersebut sebagai sesuatu yang “cermat” dan makanan itu pun langsung terkenal dengan sangat cepat diantara masyarakat Korea Utara.

Video yang diambil dari Pen News juga menunjukkan para penjual makanan di sekitar pabrik Kumsong Food Factory, sedang mengisi baki-baki dengan burrito dengan menggunakan isian dari kubis dan wortel yang kemudian menutupnya dengan roti seperti tortilla.


Kim Jong Il penemu wheat wraps
(Kim Jong Il selama kunjungannya tahun 2011 ke Pabrik Makanan Kumsong, ketika dia dikatakan telah menemukan "wheat wraps," atau burrito. Foto: Dok. Pen News)


Pemandangan video yang memperlihatkan makanan dalam jumlah sangat banyak itu, kontras sekali dengan keadaan di Korea Utara karena masih banyak daerah di Korea Utara yang mengalami kekurangan makanan karena kondisinya negaranya yang terisolasi.

“Kebanyakan masyarakat tidak memiliki uang untuk membeli makanan asing,” kata Lee Hyun-seung, kepada The Sun. Untuk itu, wajar bagi masyarakat Korea Utara percaya bahwa “wheat wraps” memang merupakan ide dari Kim Jong Il.

Masyarakat Korea Utara percaya bahwa Kim Jong Il merupakan penemu “wheat wraps” tersebut. “Aku tidak pernah melihatt burritos atau makanan sejenis dijual di Korea Utara,” tambah Lee Hyun-seung. “Penetrasi makanan Barat di Korea Utara sangatlah rendah,” katanya.

“Ini karena hanya ada sedikit restoran yang tersedia dan bahan makanannya pun sangat tidak beragam. Berbagai makanan seperti susu, keju, dan bumbu-bumbu makanan benar-benar sedikit sekali,” ujar Lee Hyun-seung.

Rodong Sinmun mencatat bahwa Kim Jong Il merekomendasikan agar rakyatnya minum air mineral di musim panas dan teh panas di musim dingin sambil makan “wheat wraps.”

Asal usul burrito memang tidak begitu jelas, tetapi kata itu muncul dalam kamus Meksiko tahun 1895, yang menggambarkannya sebagai barang regional dari negara bagian Guanajuato di Meksiko.
(TIN)

MOST SEARCH