KULINER

5 Cara Buat Pancake Fluffy

Yatin Suleha
Kamis 12 Agustus 2021 / 07:00
Jakarta: Pancake atau panekuk sudah ada sejak kehidupan masyarakat Romawi Kuno. Dilansir dari Pergi kuliner, kue dengan bentuk gepeng ini pada awalnya dikenal dengan nama Alita Dolcia (makanan manis) kombinasi dari susu, tepung, dan bumbu. 

Semua bahan tersebut dipanggang dengan wajan ceper, lalu ditambahkan dengan sirup buah dan madu. Dalam perkembangannya, nama pancake semakin populer di Eropa tahun 1430-an. 

Pancake menjadi makanan khas warga Timur Eropa. Di sana, pancake kerap kali dijadikan menu khas yang dikenal dengan sebutan Pancake Tuesday yang disajikan sehari sebelum hari Paskah.

Dalam beberapa negara pancake menjadi makanan yang sering dimakan saat memulai hari alias sarapan. Misalnya di Amerika Serikat pancake dijadikan menu sarapan. Dan akhirnya budaya memakan pancake menjadi sarapan pun tersebar ke belahan dunia lainnya.

Nah, ENDEUSiast mau tahu cara membuat pancake sederhana untuk sarapan anak? Endeus TV akan memberi tahu cara membuatnya supaya bisa langsung dipraktikkan di rumah ya!
 

1. Menyiapkan bahan pancake


Sebelum berkreasi dengan pancake, ada baiknya kita belajar dulu membuat adonan pancake dasar. Untuk membuat adonan pancake yang kita butuhkan adalah tepung terigu serbaguna, baking powder, garam, telur, susu cair, minyak dan gula pasir.

Kalau tidak mau menggunakan minyak, kamu bisa menggantinya dengan margarin leleh. Tapi, kalau menggunakan margarin, perhatikan lagi takaran garamnya karena margarin rasanya sudah asin.

Penggunaan minyak goreng atau margarin leleh ini menghindari pancake supaya tidak lengket saat didadar di atas teflon.

Pastikan baking powder yang digunakan juga masih baru atau fresh ya. Jangan dikeluarkan sebelum dicampur dengan adonan karena dapat mengurangi fungsinya sebagai pengembang adonan. Jadi, buka kemasan baking powder saat ingin dimasukkan ke dalam adonan saja ya.
 

2. Cara membuat adonan pancake


Bisa dibilang, adonan pancake ini mudah sekali dibuat, bahkan bisa dibilang cuma tinggal campur-campur bahan dan aduk sampai rata saja.

Tapi, jangan asal campur saja. Salah mencampur adonan bisa membuat pancake jadi keras dan bergerindil dan tak enak saat dimakan.

Nah, supaya adonan tidak bergerindil, kita ayak dulu bahan-bahan kering seperti tepung terigu, baking powder dan garam lalu sisihkan. Di wadah lain, kita aduk rata telur, susu cair dan minyak goreng atau margarin leleh.

Ingat, mencampurnya adonan basah dulu baru ke adonan kering. Adonan susu ini kita tuang secara bertahap sambil kita aduk-aduk dengan balloon whisk supaya rata dan tidak bergerindil.

Sebelum didadar, pancake ini bis akita diamkan selama kurang lebih lima menit supaya hasil pancakenya jadi lebih fluffy.


pancake
(Pancake yang fluffy juga salah satu kuliner yang trending di Jepang yaitu bernama Japanese Souffle Pancake Fluffy. Foto: Dok. Endeus TV)
 

3. Cara membuat pancake yang fluffy/empuk


Belakangan pancake yang tebal dan fluffy ini jadi banyak perbincangan. Banyak yang bilang, memakan pancake yang fluffy dan tebal ini seolah-olah seperti menggigit awan.

Rahasia pancake yang fluffy ini adalah pada pengocokan telurnya. Jadi, sebelum digunakan, kita pisahkan dulu kuning dan putih telurnya.

Putih telur ini kita kocok dulu sampai berbuih lalu masukkan gula pasir sedikit demi sedikit kemudian kocok hingga medium peak.

Baru deh masukkan putih telur yang sudah dikocok mengembang ke dalam adonan tepung. Awas, mengaduk adonannya harus diperhatikan ya kita aduk dengan teknik melipat secara perlahan.

Kalau diaduk terlalu banyak, pasti udara yang dihasilkan dari kocokan telur akan keluar sehingga hasil pancakenya akan pecah saat didadar. Adonan pancake fluffynya sudah jadi, tinggal kita dadar deh!
 

4. Cara mendadar pancake


Untuk mendadar pancake, kita harus gunakan wajan yang rata, kalau bisa yang anti lengket, ya. Tapi meski sudah antilengket, tetap harus kita oles sedikit dengan margarin.

Baru deh kita ambil adonannya dengan sendok sayur atau sendok es krim supaya ukuran pancakenya sama semua.

Masak dengan api kecil menuju sedang selama tiga menit atau sampai terbentuk pori-pori di permukaan pancake. Balik pancake dan masak dengan waktu yang sama. Pancake klasik siap kita sajikan.
 

5. Cara menyajikan pancake


Menikmati pancakenya saja pasti kurang seru, makanya kita butuh menyajikan pancake dengan topping. Topping yang digunakan bisa apa saja, kok. Kalau ada meisis, bisa langsung kita sajikan dengan margarin juga meisis atau bisa juga dengan selai buah.

Tapi, pancake paling enak disajikan selagi hangat. Jadi masak pancakenya saat ingin dimakan saja ya. Cara membuat pancake terbukti super gampang dan bisa langsung dipraktikan. Yuk, bikin pancake di rumah!



(TIN)

MOST SEARCH