KULINER

5 Camilan Indonesia Berbahan Sagu, Sederhana tapi Lezat Lho!

Yatin Suleha
Rabu 04 Agustus 2021 / 07:00
Jakarta: Ada tepung sagu di rumah, kita bisa membuat aneka camilan Indonesia berbahan sagu, lho. Tepung sagu merupakan bahan yang sering kali digunakan dalam membuat masakan atau camilan khas Indonesia.

Tidak seperti tepung terigu, tepung sagu ini terbuat dari pati pohon sagu. Untuk membedakan tepung sagu dengan tepung terigu tak hanya dari bahan dasarnya.

Dari penampilannya tepung sagu biasanya lebih putih dibandingkan tepung terigu. Saat dipegang, tepung sagu ini lebih licin dibandingkan tepung terigu.

Tepung sagu ini sering sekali digunakan untuk memberikan tekstur kenyal pada masakannya. Misalnya untuk siomai, tepung sagu ini digunakan untuk memberikan tekstur kenyal.

Selain jadi bahan tambahan, banyak pula camilan Indonesia yang menggunakan tepung sagu sebagai bahan utamanya. Biasanya camilan yang berbahan tepung sagu adalah camilan khas Jawa Barat.

Sedangkan di Jawa Barat sendiri tepung sagu ini disebut dengan sebutan aci. Selanjutnya nama-nama camilannya merupakan gabungan aci dengan proses pembuatannya. Misalnya aci yang digoreng disebut cireng atau cilor yang merupakan aci yang digoreng bersama telur.

Camilan-camilan dari bahan sagu ini pastinya memiliki tekstur kenyal dan disajikan dengan sambal kacang atau bumbu tabur yang gurih juga pedas.

Buat yang lagi di rumah saja, tak ada salahnya kita membuat lima camilan Indonesia berbahan sagu ini, nih. Semua resepnya super gampang dan tentunya berbahan sagu. Dilansir dari Endeus TV kamu menyontek caranya di rumah.
 

1. Cireng


Penggemar gorengan pasti sudah akrab dengan cireng ini. Nama cireng ini diambil dari singkatan aci yang digoreng. Cireng ini memiliki tekstur yang renyah, kenyal dan legit. Bagian luarnya renyah karena digoreng, lalu saat digigit akan kenyal saat masih panas.

Camilan satu ini juga banyak mendapat banyak modifikasi, sekarang ada yang mengisinya dengan keju leleh atau tumisan daging. Ada juga yang menyajikan cireng dengan saus khusus yang menambah kelezatan cirengnya.
 

2. Cimol


Cimol ini merupakan singkatan dari aci yang digemol. Dalam bahan Sunda, digemol ini berarti dibuat bulat-bulat menjadi berbentuk bola lalu digoreng.

Di antara camilan khas Indonesia yang terbuat dari sagu ini memiliki bentuk yang kecil. Bentuk-bentuknya yang kecil ini membuatnya mudah dicampur dengan bumbu bubuk.

Cara makan cimol ini adalah dicampur dengan bumbu tabur lalu tinggal dimakan dengan cara ditusuk seperti cilok.


cilok
(Cilok dengan siraman saus kacang yang pedas manis nikmat jadi kudapan. Foto: Dok. Endeus TV)
 

3. Cilok


Berbicara camilan Indonesia berbahan sagu pasti yang langsung kepikiran adalah cilok. Nama cilok ini diambil dari singkatan aci yang dicolok. Cilok ini dibuat dengan cara direbus tapi ada juga yang dikukus.

Biasanya cilok ini disajikan dengan siraman saus kacang. Tapi ada juga cilok yang disajikan dengan saus sambal bahkan bumbu bubuk yang gurih.

Seperti namanya, cilok ini dimakan dengan cara dicolok dengan tusukan sate. Bahkan ada juga yang menamakan cilok ini sebagai cisuk alias aci yang ditusuk.
 

4. Cilung


Sudah ada camilan dari sagu yang digoreng dan direbus, camilan satu ini pengolahannya berbeda dibandingkan dengan yang lain.

Adonan cilung ini dibuat sangat encer dibandingkan camilan sagu lainnya. Kenapa dibuat cair? Soalnya cilung ini dibuat dengan cara didadar dan karena adonannya cair hasilnya akan tipis.

Setelah didadar, di tengahnya diberi dengan isian berupa abon atau serundeng kemudian digulung persis seperti telur gulung. Selain dibilang cilung, jajanan satu ini sering dipanggil papeda karena saat digigit teksturnya kenyal seperti papeda.
 

5. Cilor


Salah satu camilan Indonesia yang sering dijadikan jajanan sekolah adalah cilor. Bagi pecinta camilan dari aci yang sedikit kering dan renyah luarannya, pasti suka dengan cilor ini.

Cilor ini dibuat dari adonan aci yang dikukus lalu dipotong kotak-kotak kecil. Adonan aci kemudian digoreng sebentar lalu setelah setengah matang baru dimasukkan telur.

Telur dan acinya kemudian digoreng agak garing baru diangkat. Masih dalam keadaan panas, cilor ini langsung diaduk bersama bumbu bubuknya. Setelah cilor suda tercampur rata dengan bumbunya, cilor siap disajikan.

Nah, enak-enak semua ya jajanan ini. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuatnya ya ENDEUSiast!



(TIN)

MOST SEARCH