KULINER

Ini 8 Bahan yang Bikin Sayur Asem Sunda Jadi Enak

Yatin Suleha
Senin 16 Agustus 2021 / 07:00
Jakarta: Sayur asam adalah sayur yang segar dimakan pada siang hari. Dengan rasa yang asam segar cocok dipadukan dengan nasi hangat dan sambal serta ikan asin.

Dilansir dari Wikipedia, sayur asam atau sayur asem ada banyak variasi lokal sayur asam seperti sayur asam Jakarta (variasi dari orang Betawi di Jakarta), sayur asam kangkung (variasi yang menggunakan kangkung), dan sayur asam ikan asin.

Sayur asam memiliki filosofi menggambarkan keragaman. Ini terlihat dari isi sayuran yang beraneka ragam. Ada kacang panjang, jagung manis, labu, kacang tanah, melinjo, terung, nangka, jagung manis, daun melinjo

Meski sayuran yang dipakai banyak, tetapi bisa memberikan rasa yang menyatu. Rasa yang tercipta yaitu gurih dan asam. Selain itu, sayur asam juga mengingatkan untuk tidak gegabah dan sabar. Dan menu sederhana ini sering kali mengingatkan akan rumah dan keluarga. 

Kali ini Endeus TV akan membagikan delapan bahan yang membuat sayur asem Sunda ini menjadi nikmat di setiap suapannya. Yuk, intip resep membuat sayur asem khas Sunda ini dan coba ya di rumah.
 

1. Jagung manis


Seperti sayur asem pada umumnya, sayur asem Sunda juga menggunakan jagung manis di dalamnya. Jagung manis ini enak banget apalagi saat sudah dimasak lama akan membuatnya meresap rasa asam, gurih, dan pedas dari kuah sayur asem.

Tapi, jenis jagung digunakan wajib yang jagung manis ya. Nah, untuk memilih jagung manis yang benar-benar manis, perhatikan daun luarannya berwarna hijau cerah ya.

Biji jagung manis juga biasanya besar-besar, berwarna kuning dan rapat-rapat. Warna kuning ini juga mengindikasi kalau jagung ini masih segar. Kalau sudah tahu cara memilih jagung manis, jangan sampai salah lagi ya!
 

2. Air asam jawa


Ciri khas sayur asem adalah rasanya yang asem. Lalu, dari mana rasa asem yang kita rasakan dalam sayur asem Sunda?

Jawabannya datang dalam air asam jawa. Air asam jawa aini merupakan dari asam jawa yang dilarutkan dengan air. Setelah sudah dilarutkan, baru deh kita tambahkan ke dalam sayur asem Sunda yang kita buat.
 

3. Daun salam


Tak hanya rasanya yang asem, aroma sayur asem yang baru dimasak saja sudah membuat siapa sja tak sabar untuk memakannya dengan nasi panas.

Aroma sayur asem ini didapat dari pemakaian daun salam. Daun salam yang bagus biasanya daunnya lebar dengan warnanya yang hijau cerah dan masih terlihat segar.

Saat dipegang juga daun salam tidak kering atau berlendir karena terlalu basah. Daun salem yang masih segar wajib digunakan dalam sayur Asem Sunda sehingga membuatnya makin harum.


sayur asam
(Rasa masakan yang manis dan asam dalam sayur asam sangatlah menyegarkan dan cocok jika dipadukan dengan lauk kering lainnya seperti ikan goreng dan lalapan. Sering juga masakan ini disajikan dengan sambal. Foto: Dok. Endeus TV)
 

4. Terasi


Bahan yang wajib ada dalam sayur asem Sunda adalah terasi. Terasi yang digunakan bisa yang terasi ikan atau udang, kembali pada selera ENDEUSiast.

Yang pasti, sebelum terasi dimasukkan ke dalam sayur asem Sunda ada baiknya kita bakar dulu lalu dihancurkan agar larut.

Ingat, ya, terasi harus dibakar dulu supaya aromanya lebih keluar dan tidak berbau langu. Salah mengolah terasi bisa-bisa membuat sayur asem jadi kurang nendang nih.
 

5. Bumbu halus


Kelezatan sayur asem Sunda juga tak bisa terlepas dari bumbu halus. Bumbu halus ini dibuat dari bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, dan cabai rawit merah.

Cabai rawit merah ini bersifat opsional, ya, hanya untuk menambah rasa pedas pada sayur asem Sunda yang kita buat di rumah. Penggunaan cabai merah dalam bumbu halus juga membuat warna kuah sayur asem menjadi kemerahan.
 

6. Lengkuas


Selain daun salam, bahan lain yang digunakan untuk menambah aroma adalah lengkuas. Tapi lengkuas tak hanya menambah aroma saja tetapi juga rasa pada sayur asem yang dibuat.

Sebelum dimasukkan ke dalam rebusan sayur asem, geprek dulu lengkuasnya agar lebih terasa aroma dan rasanya.
 

7. Gula Merah


Sayur asem Sunda memiliki rasa gurih, asem, asin dan manis. Supaya makin enak, gunakan gula merah daripada gula pasir.

Sisir gula merah terlebih dahulu baru kita masukkan dalam rebusan sayur asem Sunda. Penambahan gula merah di dalam sayur asem ini juga membuat sayur asem berwarna cokelat kemerahan.
 

8. Kemiri


Selain bawang merah, bawang putih, dan cabai, ada satu bahan lagi yang dimasukkan ke dalam bumbu halus yakni ketumbar.

Supaya aroma ketumbarnya lebih enak lagi, bakar atau sangrai dulu kemirinya. Kemiri menambah rasa gurih yang lebih dalam pada sayur asem Sunda.

Ketumbar ini dicampur dalam bumbu halus agar mudah larut di dalam kuahnya.

Itulah 8 bahan yang bikin sayur asem Sunda makin enak. Catat semuanya dan segera buat sayur asem Sunda ini di rumah, ya!



(TIN)

MOST SEARCH