KULINER

5 Minuman Pengganti Kopi yang Dianggap Lebih Sehat

Raka Lestari
Senin 02 November 2020 / 13:52
Jakarta: Kopi merupakan pilihan minuman yang banyak digemari. Akan tetapi, kandungan kafein pada kopi akan bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Meskipun memang, mengonsumsi satu atau dua cangkir kopi per hari masih termasuk dalam batas aman.

Jika kamu ingin mendapatkan pilihan minuman yang lebih sehat daripada kopi, berikut adalah beberapa minuman yang bisa kamu coba:
 

1. Matcha


"Matcha mengandung kafein bersama dengan L-theanine, asam amino yang menenangkan pikiran tanpa rasa kantuk," kata Willow Jarosh MS RD CDN, ahli gizi terdaftar.

Studi terbaru menunjukkan L-theanine mungkin memiliki manfaat sama seperti kafein untuk menghasilkan efek positif pada kognisi dan suasana hati. Ini mungkin menjelaskan mengapa banyak orang mengatakan bahwa energi yang mereka dapatkan dari matcha, adalah energi yang lebih santai yang tidak membuat perasaan gelisah.
 

2. Teh hijau


"Selain memiliki beberapa manfaat kesehatan, teh hijau juga menjadi alternatif yang bagus dari kopi. Teh hijau diproses secara minimal dan memiliki manfaat kesehatan terbesar dari semua teh yang ada," ujar Dr Athony Kouri, MD.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang minum teh hijau jauh lebih kecil kemungkinannya terkena kanker kandung kemih, payudara, paru-paru, lambung, pankreas, dan kolorektal.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa teh hijau membantu mengurangi diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Kafein dalam teh hijau membantu meningkatkan ketajaman mental serta meningkatkan metabolisme.
 

3. Smoothie


"Smoothie menyediakan porsi buah-buahan dan sayuran, yang pada umumnya orang-orang kekurangan porsi buah-buahan dan sayuran dalam makanan sehari-hari," ujar Natalie Allen, ahli diet dan instruktur imu biomedis di Missouri State University.

Dengan menambahkan bubuk protein atau yoghurt smoothie buatanmu akan membuat kamu tetap kenyang. Smoothie adalah awal yang baik untuk memulai hari karena kaya dengan karbohidrat, serat, antioksidan, dan protein.
 

4. Cuka apel


Cuka apel dapat berfungsi sebagai penambah energi dan menjadi pengganti kopi di pagi hari. Ini adalah minuman non-kafein yang terbuat dari apel yang difermentasi, dan mengandung senyawa yang disebut asam asetat.

"Minuman ini telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada sensitivitas insulin dan kadar gula darah," kata Kouri.

Meskipun memang cuka apel dapat memberi tambahan energi dan memberikan manfaat kesehatan lainnya, Kouri menyarankan untuk selalu menambahkannya dengan seteguk air. Sebab keasaman cuka apel dapat merusak gigi kamu jika dikonsumsi secara langsung.
 

5. Cokelat hangat


Minuman cokelat hangat biasanya sering dikonsumsi sebelum tidur, tetapi menurut Jarosh cokelat hangat juga bisa menjadi alternatif pengganti kopi.

Menambahkan bubuk cokelat ke dalam susu hangat dapat menciptakan minuman yang kaya akan antioksidan dengan rasa yang mirip dengan kopi. Kakao juga mengandung magnesium yang dapat membantu otot-otot dalam tubuh menjadi lebih rileks
(FIR)

MOST SEARCH