KULINER
Lelang Kopi Terbaik Nusantara di Jogja Coffee Week
Rosa Anggreati
Selasa 06 September 2022 / 17:26
Yogyakarta: Kopi menjadi salah satu minuman favorit masyarakat. Potensi ekonomi kopi pun terbilang tinggi. Bahkan, Kota Yogya tercatat memiliki lebih dari 1.200 kedai kopi dengan perputaran uang mencapai Rp360 miliar per tahun.
Tingginya potensi ekonomi kopi mendorong Komunitas Kopi Nusantara bekerja sama dengan Medialink, menggandeng Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Daerah Istimewa Yogyakarta, Jogja Expo Center menyelenggarakan Jogja Coffee Week pada 2-6 September 2022.
Jogja Coffee Week menjadi wadah pengembangan usaha kopi mulai level pelaku di hulu, tengah hingga puncaknya di sisi hilir untuk bersama-sama menjadi ajang perjumpaan antar pelaku dengan pasar. Jogja Coffee Week juga diproyeksikan mengantarkan Yogya sebagai salah satu representatif peta kopi dunia sejajar dengan Helsinki, Seattle, Roma, Melbourne, Amsterdam, dan Tokyo.
Sebelum penyelenggaraan Jogja Coffee Week, agenda pertama Kompetisi Kopi Terbaik Nusantara lebih dulu dimulai pada 15-17 Agustus 2022 di Hotel Galuh, Manisrenggo. Para juri bersertifikat Q Grader dilibatkan, juga Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (ICCRI) yang sudah sangat berpengalaman untuk memberikan penilaian kopi.
Kontes Kopi Nusantara diikuti oleh perorangan maupun kelompok mulai dari individu petani/prosesor, kelompok tani, koperasi tani dan perusahaan dari Aceh sampai Papua dengan jumlah peserta mencapai 239 untuk semua kategori yakni robusta, arabika proses kering, dan basah.
Setelah penilaian selama tiga hari panitia mengumumkan peserta yang lolos masuk 15 besar pada Sabtu, 20 Agustus 2022, melalui edaran pengumuman skor sekaligus mengundang peserta turut serta hadir di stan pameran Jogja Expo Center. Kemudian, pada puncak acara diajak turut serta dalam lelang komoditas kopi.
Jogja Coffee Week menghadirkan 166 brand dari hulu hingga ke hilir mulai dari petani, prosesor, roastery, coffee shop, peralatan dan perkakas pendukung horeka, bahan baku, dan aneka produk turunan kopi dari seluruh Indonesia.
Hal ini tentu menjadi wadah promosi dari pemulia di hulu, UMKM, hingga perusahaan besar pemilik merk-merk terkenal dengan segala turunannya baik dari sisi hulu, tengah dan puncaknya di sisi hilir.
Dalam Jogja Coffee Week digelar juga JCW Brewers Cup Championship yang melibatkan 30 sponsor, 32 peserta, dirangkai lagi dengan JCW Cup Taster Championship sebanyak 36 peserta, dan JCW Latte Art Throw Down 36 Peserta.
Pihak penyelenggara menghadirkan juri yang juga spesial didatangkan dari berbagai kota besar dengan menggunakan standar kompetisi yang telah ditetapkan oleh Asosiasi Kopi Spesialti Indonesia (AKSI-SCAI), dengan total hadiah Rp102 juta untuk semua kompetisi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
(ROS)
Tingginya potensi ekonomi kopi mendorong Komunitas Kopi Nusantara bekerja sama dengan Medialink, menggandeng Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Daerah Istimewa Yogyakarta, Jogja Expo Center menyelenggarakan Jogja Coffee Week pada 2-6 September 2022.
Jogja Coffee Week menjadi wadah pengembangan usaha kopi mulai level pelaku di hulu, tengah hingga puncaknya di sisi hilir untuk bersama-sama menjadi ajang perjumpaan antar pelaku dengan pasar. Jogja Coffee Week juga diproyeksikan mengantarkan Yogya sebagai salah satu representatif peta kopi dunia sejajar dengan Helsinki, Seattle, Roma, Melbourne, Amsterdam, dan Tokyo.
Sebelum penyelenggaraan Jogja Coffee Week, agenda pertama Kompetisi Kopi Terbaik Nusantara lebih dulu dimulai pada 15-17 Agustus 2022 di Hotel Galuh, Manisrenggo. Para juri bersertifikat Q Grader dilibatkan, juga Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (ICCRI) yang sudah sangat berpengalaman untuk memberikan penilaian kopi.
Kontes Kopi Nusantara diikuti oleh perorangan maupun kelompok mulai dari individu petani/prosesor, kelompok tani, koperasi tani dan perusahaan dari Aceh sampai Papua dengan jumlah peserta mencapai 239 untuk semua kategori yakni robusta, arabika proses kering, dan basah.
Setelah penilaian selama tiga hari panitia mengumumkan peserta yang lolos masuk 15 besar pada Sabtu, 20 Agustus 2022, melalui edaran pengumuman skor sekaligus mengundang peserta turut serta hadir di stan pameran Jogja Expo Center. Kemudian, pada puncak acara diajak turut serta dalam lelang komoditas kopi.
Jogja Coffee Week menghadirkan 166 brand dari hulu hingga ke hilir mulai dari petani, prosesor, roastery, coffee shop, peralatan dan perkakas pendukung horeka, bahan baku, dan aneka produk turunan kopi dari seluruh Indonesia.
Hal ini tentu menjadi wadah promosi dari pemulia di hulu, UMKM, hingga perusahaan besar pemilik merk-merk terkenal dengan segala turunannya baik dari sisi hulu, tengah dan puncaknya di sisi hilir.
Dalam Jogja Coffee Week digelar juga JCW Brewers Cup Championship yang melibatkan 30 sponsor, 32 peserta, dirangkai lagi dengan JCW Cup Taster Championship sebanyak 36 peserta, dan JCW Latte Art Throw Down 36 Peserta.
Pihak penyelenggara menghadirkan juri yang juga spesial didatangkan dari berbagai kota besar dengan menggunakan standar kompetisi yang telah ditetapkan oleh Asosiasi Kopi Spesialti Indonesia (AKSI-SCAI), dengan total hadiah Rp102 juta untuk semua kompetisi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ROS)