KULINER

Menuju 5 Dekade Sarirasa, dari Merawat Otentisitas hingga Melangkah ke Negeri Belanda

A. Firdaus
Jumat 05 Juli 2024 / 11:08
Jakarta: Bukan perkara mudah untuk konsisten menjaga otentisitas dari sebuah makanan. Apalagi membuka usaha kuliner Indonesia hingga berjalan 50 Tahun lamanya. Tapi Sarirasa Group mampu membuktikan, bahwa merawat orisinalitas bisa dijaga meski gempuran kuliner asing menjajaki Tanah Air.

Pada 1974, bermula mengangkat menu street food Indonesia naik kelas, Sarirasa kini menjadi perusahaan yang mampu memiliki beberapa unit dan non-pangan. Mulai dari restoran terkemuka seperti Sate Khas Senayan, Sate & Seafood Senayan, dan Sate Express Senayan di bawah naungan Sate Senayan, hingga inisiatif-inisiatif inovatif seperti TeSaTe, TeKoTe, dan GOPEK House, Sarirasa Group terus mengukir standar keunggulan kuliner sambil tetap menghormati warisan budaya Indonesia yang kaya.

Sarirasa Group menjadi pelopor inisiatif-inisiatif seperti Foodiesia, Sarirasa Catering, dan merek non-pangan seperti Sarirasa Origin dan Sarirasa Tanahmula untuk mendorong praktik manajemen sumber daya yang bersifat lingkaran melalui jaringan yang luas.

Baca juga: Ketika Lidah dan Mata Dimanjakan Hidangan Mediterania plus Pemandangan Samudera Hindia

Menjelang perayaan 50 Tahun, Sarirasa Group memulai rangkaian dengan menyajikan menu-menu mulai dari Es Podeng, Sate, yang merupakan hidangan ikonik yang menjadi symbol dari kekayaan rasa nusantara hingga Nasi Berkat Ulang Tahun, yang merupakan menu spesial ulang tahun.

"Merayakan ulang tahun ke-50 Sarirasa Group adalah pencapaian besar bagi kami. Ini adalah waktu yang tepat untuk merefleksikan perjalanan kami, merayakan pencapaian kami, dan melihat ke depan untuk terus berinovasi dan berkembang. Kami berkomitmen untuk membawa budaya dan kuliner Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi, baik di dalam maupun luar negeri," ungkap Benny Hadisurjo, CEO Sarirasa Group.


Anak dari pendiri Sarirasa Group, Benny Hadisurjo, menceritakan pengalaman orang tuanya dalam membangun Sarirasa. Dok. Ist

Dalam kesempatan ini, Sarirasa Group juga akan memperkenalkan dua unit bisnis baru mereka, yaitu Sarirasa Origin dan Sarirasa Tanahmula.
 

Sarirasa Origin


Bergerak di bidang budaya dan didirikan pada tahun 2019 dengan tujuan untuk memastikan budaya Indonesia terus berkembang melalui Pelestarian, Promosi, dan Peningkatan. Sarirasa Origin mengakui bahwa tradisi kuliner dan praktik budaya berjalan beriringan dan makanan Indonesia adalah bagian yang tidak terpisahkan dari budaya kita. Makanan memiliki cerita yang tak ternilai di baliknya, karena mereka membawa sejarah dan adat-istiadat yang tercermin dalam cara mereka diciptakan.
 

Sarirasa Tanahmula


Mencerminkan komitmen Sarirasa Group terhadap keberlanjutan lingkungan. Melalui inisiatif seperti Sarirasa Tanahmula dan program pengelolaan sampah, Sarirasa Group secara aktif berkontribusi pada pelestarian keindahan alam Indonesia. Dengan mengadopsi solusi pengelolaan sampah inovatif, Sarirasa Group berupaya meminimalkan jejak ekologis dan menjaga kelestarian untuk generasi mendatang.


Menjadi ciri khas dari Sarirasa, Sate Khas Senayan menjadi favorit para penikmat kuliner Tanah Air. Dok. Ist
 
Sebagai bagian dari rangkaian perayaan, Sarirasa Group juga akan mengadakan acara utama pada 21 Juli 2024 di Fountain Plaza Senayan, dan pameran Gemah Ripah di Atrium Senayan City pada tanggal 9 - 11 Agustus 2024, bekerja sama dengan Swara Gembira.


Go global


Bicara rencana ke depan, Sarirasa Group juga berkeinginan untuk go global dengan membuka outlet di Eropa, tepatnya di Belanda. Ini adalah langkah strategis untuk membawa cita rasa dan budaya Indonesia ke panggung internasional.

"Alasan menempatkan restoran di Belanda adalah negara ini satu-satunya yang di mana makanan Indonesia begitu dominan. Dan, Belanda adalah bagian dari Benua Eropa, yang membuat jangkauan untuk bisa memperkenalkan kuliner Eropa lebih mudah," terang Benny.


Tarian dan Gamelan Bali memberikan warna yang kental akan budaya Indonesia. Dok. Ist

Yang utama, Sarirasa Group tetap membawa otentisitas bahan-bahan dari Indonesia. Sehingga, itu yang menjadi pembeda, Sarirasa dari restoran lainnya.

Selain fokus pada perayaan ulang tahun ke-50 dan pelestarian budaya serta lingkungan, Sarirasa Group juga memiliki rencana untuk go global dengan membuka outlet di Eropa. Ini adalah langkah strategis untuk membawa cita rasa dan budaya Indonesia ke panggung internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(FIR)

MOST SEARCH