KULINER

Yuk Mampir! Aneka Kuliner dari Cilegon Sampai Pemalang (seri 1-Jalur Pantura)

Yatin Suleha
Senin 25 April 2022 / 18:40
Jakarta: Mudik kali ini serasa berbeda ya. Kamu dan keluarga bisa bertemu lagi dengan sanak saudara saat Lebaran. Seperti tahun-tahun lalu, acara mudik ini bisa memakan waktu belasan jam di jalan. 

Nah, jika kamu adalah pemudik yang melalui Cilegon, Serang, Kerawang, Cirebon, Brebes, Tegal, hingga Pemalang (Jalur Pantura), kamu bisa mampir di beberapa tempat kuliner yang sudah pasti jempolan.

Dirilis oleh Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mengeluarkan buku "Yuk Mampir! - Peta Kuliner Jalur Lebaran Pulau Jawa."

"Melalui penerbitan Buku 'Yuk Mampir! - Peta Kuliner Jalur Lebaran Pulau Jawa' ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi dalam mencari informasi kuliner di daerah sepanjang jalur Lebaran di Pulau Jawa, baik Jalur Pantura maupun Non Pantura," tulis rilis yang diterima Medcom.id

Jadi, sudah siap semuanya? Yuk, catat kuliner mantap di tujuh kota berikut ini:


Kuliner Jalur Pantura
(Ayam Bekakak. Foto: Dok. Istimewa)
 

Cilegon 

 

1. Ayam Bekakak


Ayam bekakak adalah olahan ayam utuh yang cara masaknya dengan dibakar lalu diungkep dengan racikan bumbu manis. Pas banget untuk memulai semangat kamu saat mudik kala melintas jalan ini ya.
Lokasi resto: Ayam bekakak. Jl. Raya Kranggot, Jombang Wetan, Cilegon, Banten. 
Tlp: 0859-6639-5910 
 

2. Nasi Gonjleng


Pada dasarnya, nasi gonjleng ini memiliki bumbu mirip dengan nasi kebuli yang beraroma pekak dan kapulaga dan dihidangkan dengan acar dan emping.
Lokasi resto: Jl. RA. Kartini, Jombang Wetan, Cilegon, Banten.
 

3. Rumah Makan Bu Entin


Di daerah Banten, Rumah Makan Ibu Entin menawarkan ikan bakar yang lezat, serta otak-otak nan gurih untuk oleh-oleh. Sempatkan mampir Teman Gaya kalau kamu lewat sini ya!
Lokasi resto: Jl. Raya Serang - Pandeglang KM.5, Karundang, Cipocok, Serang.


Kuliner Jalur Pantura
(Sate Bandeng RM Sampurna. Foto: Dok. Istimewa)
 

Serang

 

1. Sate Bandeng RM Sampurna


Dalam olahan sate Bandeng, daging ikan setelah dihancurkan kemudian dicampur dengan santan dan bumbu rempah kemudian dimasukkan kembali ke dalam ikan. Pas banget buat kamu para pencinta bandeng nih!
Lokasi resto: Jl. Jendral Ahmad Yani, Cipare, Serang, Banten.
 

2. Nasi Sumsum Mang Puri


Nasi bakar sumsum dikenal dengan rasa gurih dan sensasi sedikit pedas. Nasi bakar sumsum disajikan beralaskan piring bambu dan daun pisang. Disajikan dengan irisan tomat segar dan mentimun. Warna nasi yang kemerahan dengan aroma rempah yang kuat, nikmat jika disajikan saat panas. Wajib coba karena rasa enaknya bikin nagih!
Lokasi resto: Jl. Kapten Swardo No. 15B, Kotabaru, Serang, Banten.
 

3. Rabeg Khas Serang H. Naswi Magersari


Rabeg merupakan kuliner khas Banten yang wajib dicicipi setelah sate bandeng. Rabeg adalah hidangan makanan yang umumnya berbahan dasar daging kambing ini mempunyai citarasa manis yang gurih dan sedikit pedas.
Lokasi resto: Jl. Mayor Syafei No. 30, Kotabaru, Serang, Banten.


Kuliner Jalur Pantura
(Pepes Jambal Walahar H. Dirja. Foto: Dok. Istimewa)
 

Karawang

 

1. Pepes Jambal Walahar H. Dirja


Bila kita sedang singgah di kota Karawang maka, jangan lewatkan wisata kuliner yang aduhai menggoda selera kita, yakni pepes jambal karawang, yang bertempat di samping bendungan Walahar peninggalan zaman Belanda.
Lokasi resto: Jl. Bendungan Walahar, Walahar, Kutapohaci, Ciampel, Karawang.


Kuliner Jalur Pantura
(Empal Gentong Mang Darma. Foto: Dok. Istimewa)
 

Cirebon

 

1. Empal Gentong Mang Darma


Empal gentong adalah makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai dan dimasak menggunakan kayu bakar di dalam gentong. Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. 
Lokasi resto: Jl. Slamet Riyadi No. 1, Cirebon.
Tlp: 0896-5507-7400
 

2. Nasi Jamblang Ibu Nur


Nama Jamblang berasal dari nama daerah di sebelah barat kota Cirebon tempat asal pedagang makanan tersebut. Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun Jati sebagai bungkus nasi. Penyajian makanannya pun bersifat prasmanan.
Lokasi resto: Jl. Cengkaring No. 45.
Tlp: 231-23473
 

3. Nasi Lengko Pagongan H. Barno


Kuliner yang satu ini terdiri dari nasi putih, tempe goreng, tahu goreng, mentimun (mentah segar, dicacah), tauge (direbus), daun kucai (dipotong kecil-kecil), bawang goreng, bumbu kacang (seperti bumbu rujak, pedas atau tidak, tergantung selera), dan kecap manis.
Lokasi resto: Jl. Pagongan No. 15 B, Cirebon.
Tlp: 231-210064


Kuliner Jalur Pantura
(Kupat Sate Blegong Kasturi Rajak. Foto: Dok. Istimewa)
 

Brebes

 

1. Kupat Sate Blegong Kasturi Rajak/Sate Blegong


Blengong adalah hewan hasil perkawinan antara bebek dan mentok (entok). Teksturnya mirip bebek yang memiliki serat, tapi lebih lunak dan lembut saat dikunyah. Memakan daging blengong memberi sensasi baru dari segi tekstur rasa. Kamu wajib coba deh kalau lewat jalan sini.
Lokasi resto: Jl. KH. Hasyim Ashari, PS. Batang, Brebes, Jawa Tengah.
 

2. Sate Kambing Muda Pak Jahid


Rumah makan ini menyajikan beragam masakan dari daging kambing. Setiap harinya rumah makan yang telah berusia 25 tahun ini menghabiskan empat ekor kambing, bahkan saat Lebaran mencapai 15-20 ekor per harinya. 
Lokasi resto: Jl. H. Muchlas 220. Rt.04/05. Ketanggungan, Brebes, Jawa Tengah.
 

3. Kupat Glabed Sate Blegong Ibu Inah


Kupat Glabed sendiri merupakan sajian yang terdiri dari potongan ketupat dan disajikan dengan sayur pepaya muda bersantan yang dicampur dengan potongan daging sapi. Sepiring hidangan Kupat Glabed asal Brebes biasanya disantap di pagi hari menjelang berangkat kerja.
Lokasi resto: Kauman, Brebes, Jawa Tengah.


Kuliner Jalur Pantura
(Sate Kambing Batibul Bang Awi. Foto: Dok. Istimewa)
 

Tegal

 

1. Sate Kambing Batibul Bang Awi


Batibul merupakan singkatan dari Bawah Tiga Bulan, artinya daging kambing yang digunakan berusia di bawah tiga bulan. Karena memakai daging muda, sate batibul memiliki rasa yang khas. Sate kambing batibul dibakar kemudian dilumuri bumbu racikan khusus, sehingga aromanya jadi lebih harum. 
Lokasi resto: Jl. Raya LL Ujungrusi, Adiwerna, Tegal.
Tlp: 283-3448049
 

2. Sauto Tauco Tegal Sedap Malam


Sauto Tegal konon katanya berasal dari gabungan kata soto dan tauco. Sehingga sebenarnya Sauto itu adalah soto sama seperti soto-soto dari daerah lain. Dalam Sauto rasa yang 
dominan adalah tauconya yang sekaligus menjadi ciri khas soto Tegal ini.
Lokasi resto: Jl. Raya Talang No. 320. Rt.9/2, Tegal.
Tlp: 283-444620


Kuliner Jalur Pantura
(Nasi Grombyang. Foto: Dok. Istimewa)
 

Pemalang

 

1. Nasi Grombyang


Nasi grombyang adalah sejenis nasi campur yang merupakan makanan khas dari masyarakat Pemalang, Jawa Tengah. Rasanya sudah pasti berempah dan lezat.
Lokasi resto: Jl. R.E. Martadinata, Pelutan, Pemalang, Jawa Tengah.
 

2. Sate Loso Khas Pemalang (Sate Kerbau)


Sate Loso punya dua macam bumbu, bumbu kacang dan juga bumbu sate. Uniknya, sate ini biasanya disajikan bersama dengan sup yang berisi tulang muda, urat dan juga toge.

Jika sate biasanya memanfaatkan daging sapi, kambing atau pun juga ayam, kuliner dari Pemalang ini menggunakan daging kerbau lho! Pasti menyajikan rasa kuliner yang berbeda ya buat kamu.
Lokasi resto: Jl. Urip Sumoharjo. No. 327. Pelutan, Pemalang, Jawa Tengah.
 

3. Lontong Dekem Pak Dradjat


Kuliner Pemalang lain yang tidak kalah enak dengan yang sebelum-sebelumnya adalah lontong dekem. Ini merupakan lontong yang dipadukan dengan sate khas dekem. Dijamin pasti kamu ketagihan deh karena rasanya yang mantul!
Lokasi resto: Jl. Mochtar, Kebondalem Pemalang, Jawa Tengah.
(TIN)

MOST SEARCH