KULINER

3 Cara Mudah Hilangkan Noda Kopi dan Teh di Gelas

Timi Trieska Dara
Jumat 27 November 2020 / 17:05
Jakarta: Mengawali hari dengan secangkir kopi atau teh dapat menambah semangat beraktivitas. Namun, di satu sisi minuman hangat dapat menjadi musuh, ketika meninggalkan noda di gelas atau mug kesayanganmu.

Saat kamu menikmati kopi atau teh, noda hitam di bagian bawah gelas akan muncul. Zat tanin yang memberi rasa pada teh dan kopi juga meninggalkan noda hitam pada peralatan makan.

Noda itu kadang mudah dihilangkan, tetapi ada juga yang membandel tergantung bahan mug dan berapa lama noda meresap. Putih adalah pilihan warna yang populer untuk peralatan makan dan minum.

Lantas bagaimana cara menghilangkan noda pada mug putih? Ikuti 3 cara mudah untuk menghilangkan noda teh dan kopi pada mug seperti dilansir Better Homes & Gardens:
 

1. Rendam dengan sabun


Sabun cuci piring diformulasikan untuk mengangkat noda, dan bisa menjadi garis pertahanan pertamamu untuk menghilangkan noda kopi pada mug. Teteskan sedikit sabun ke dalam mug, tambahkan air hangat secukupnya pada batas noda, dan aduk campuran di sekitarnya.

Biarkan mug selama beberapa menit (lebih lama jika noda meresap) dan biarkan sabun cuci piring menembus noda. Setelah sabun berhasil digunakan, gosok noda dengan spons lembut.
 

2. Gosok dengan baking soda


Jika sabun tidak berhasil, gunakan soda kue. Taburkan sekitar 1 sendok teh baking soda di atas noda dan tambahkan sedikit air untuk membuat pasta.

Gosok noda dengan spons lembut dan lembap. Sifat soda kue yang lembut dan abrasif membantu mengangkat noda kopi atau teh dari permukaan. Setelah kamu selesai menggosok, bilas mug dengan baik untuk menghilangkan sisa soda kue.
 

3. Beralih ke cuka


Cuka adalah bahan pembersih penting lainnya yang telah dicoba dan benar. Untuk membuat pembersih rumah ini bekerja pada noda kopi dan teh, isi setengah mug kamu dengan cuka putih suling, lalu tambahkan dengan air yang sangat panas.

Diamkan campuran selama setidaknya 10 menit agar cuka bekerja. Setelah direndam, gosok noda menggunakan sabun cuci piring dan spons lembut, lalu bilas. Selamat mencoba!
(FIR)

MOST SEARCH