KULINER

4 Cara Buat Pempek Dos

Yatin Suleha
Kamis 26 Agustus 2021 / 07:00
Jakarta: Pempek merupakan kuliner khas Palembang yang kelezatannya sudah terkenal hingga ke seluruh penjuru Indonesia.

Dari beragam pempek apakah kamu pernah mendengar pempek dos? Pempek dos adalah pempek tanpa ikan yang terbuat dari tepung terigu, tepung sagu, dan telur. Pempek dos cocok dijadikan sebagai ide jualan karena bahan pembuatan pempek dos cukup terjangkau.

Kelezatan pempek memang sudah tidak diragukan lagi. Sebenarnya membuat pempek sendiri di rumah tidak sesusah yang kita kira kok.

Nah, bagi ENDEUSiast yang ingin mencoba pempek dos di rumah, ini resep membuat pempek dos yang mudah dan enak dilansir dari Endeus TV.
 

1. Cara memilih bahan untuk pempek dos


Kalau tidak dibuat dengan daging ikan di dalamnya, bagaimana cara membuat pempek dos yang enak, ya?

Kelezatan pempek dos ada pada pilihan bahan-bahannya. Untuk membuatnya dibutuhkan tepung terigu, tepung sagu, garam, kaldu ayam, bawang putih yang dihaluskan, dan telur yang dikocok lepas. Rasa gurih pempek yang berasal dari ikan tenggirinya diganti dengan kaldu ayam dan bawang putih.

Perhatikan perbandingan sagu dan tepung terigu dalam adonan pempek dosnya ya. Perbandingan sagu dan terigu yang menghasilkan tekstur yang pas adalah 2:1.

Jadi kalau menggunakan 200 gram tepung terigu, tepung sagu yang digunakan cukup 100 gram saja. Kalau kebanyakan tepung terigu hasilnya akan keras sedangkan kalau tepung sagu akan terlalu lembek seperti cilok.


pempek
(Pempek dos ini selain murah bahan-bahannya, membuatnya simpel, juga rasanya tak kalah enak. Foto: Dok. Endeus TV)
 

2. Cara buat adonan pempek dos


Baik pempek ikan atau pempek dos sekalipun, hal pertama yang kita buat adalah adonan biang. Adonan biang ini terbuat dari air, tepung terigu, garam, kaldu ayam, dan bawang putih.

Semua bahan ini direbus sampai mengental sambil diaduk-aduk. Baru deh bahan biang ini ditambahkan telur lalu tepung sagu. 

Perlu diperhatikan ya, tepung sagu ini dimasukkan terakhir dan diaduknya sebentar saja supaya hasil pempeknya tidak keras.

Tekstur adonan pempek akan lengket dan agak susah dibentuk, tapi jangan sampai buru-buru ditambahkan sagu atau terigu ya.

Keburu ditambahkan tepung terigu bisa membuat pempek akan keras atau jika ditambah sagu bisa jadi kelembekan dan tidak enak.

Jika ingin membentuknya, kita lumuri tangan dengan sagu atau tepung terigu agar adonannya bisa dipegang.

Bentuk pempeknya bisa berupa lenjer, adaan, keriting bahkan pempek kapal selam. Saat ingin membuat kapal selam kita bentuk dulu berbentuk tabung dan bolongi di bagian tengahnya.

Agar mudah dimasukkan, pecahkan dulu telur ke gelas ukur jadi tinggal dituang ke dalam adonan pempek selam yang sudah dibentuk. Sudah dimasukkan telur, tutup pempek dengan rapat supaya tidak bocor saat direbus nanti ya.
 

3. Cara memasak pempek dos


Saat pempek dos dibentuk, pastikan air untuk merebus pempeknya sudah disiapkan dan tunggu sampai mendidih. Saat sudah mendidih, baru deh masukkan pempek yang sudah dibentuk. 

Jangan direbus kebanyakan ya karena akan membuat pempeknya tidak matang merata, jadi beri jarak satu pempek dengan pempek yang lain.

Bagaimana cara mengetahui pempeknya sudah matang? Jika sudah matang, pempeknya akan mengambang ke permukaan.

Biarkan beberapa menit baru angkat dengan saringan, baru deh masukkan pempek lainnya dan rebus sampai matang.

Sudah direbus, biarkan dulu sampai suhu ruang sebelum digoreng. Jika digoreng saat baru direbus pastinya akan meledak.

Menggoreng pempek dos ini membutuhkan minyak goreng yang banyak. Tunggu sampai minyaknya panas, baru masukkan pempek dosnya dan goreng sampai kuning keemasan.

Jangan lupa ditiriskan supaya tidak terlalu berminyak. Sajikan dengan cuko pempek atau cuko merah, pasti enak banget!
 

4. Cara menyimpan pempek dos


Selain langsung dimakan, pempek dos ini juga bisa disimpan bahkan distok lho. Cara menyimpan pempek dos ini sebaiknya setelah sudah direbus.

Masukkan pempek dos ini ke dalam wadah tertutup. Kalau ingin dijual, baiknya pempek dos ini divakum kedap udara lalu simpan dalam freezer bisa awet sampai bulanan.

Itulah cara membuat pempek dos yang enak dan mudah. Semuanya pasti bisa membuatnya di rumah deh. Jadi, selamat mencoba ya!



(TIN)

MOST SEARCH