KULINER

7 Cara Mengolah Daun Pandan

Yatin Suleha
Senin 02 Agustus 2021 / 17:00
Jakarta: Daun pandan atau pandan wangi merupakan daun yang punya peran penting dalam tradisi masakan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Keharumannya yang khas membuat siapa pun menyukainya.

Daun pandan sendiri adalah jenis tanaman daun yang berbentuk panjang dan berwarna hijau. Daun pandan juga sering dimanfaatkan untuk memasak aneka masakan khas Indonesia atau pun menjadi racikan sirup dalam minuman.

Nah, kalau sudah ada daun pandan ini di rumah, kira-kira enaknya diolah jadi apa saja, ya ENDEUSiast? Endeus TV akan memberikan ide olahan daun pandan di rumah nih, simak yuk cara-caranya.
 

1. Bahan pewarna alami


Daun pandan ternyata bukan hanya dimanfaatkan untuk mendapatkan aromanya saja. Daun berwarna hijau ini juga bisa diolah menjadi bahan pewarna alami.

Untuk membuat pewarna alami dari daun pandan, ada baiknya kita campur dengan daun suji. Potong-potong agar bisa mudah dihaluskan dan diambil warnanya. Kemudian blender dengan tambahan sedikit air matang. Setelah jadi, peras sehingga mendapatkan air yang berwarna hijau ini.

Air daun suji dan pandan ini bisa kita manfaatkan untuk membuat kue tradisional, olahan nasi tradisional bahkan minuman tradisional juga.
 

2. Dimasak bersama nasi


Bukan rahasia lagi kalau daun pandan ini membuat makanan apapun menjadi lebih harum. Salah satu maknan yang menjadi tambah harum karena kehadiran daun pandan adalah olahan nasi.

Resep nasi uduk misalnya, nasi uduk ini menjadi lebih harum bila dimasak dengan tambahan daun pandan. Daun pandan diikat simpul dulu lalu kita aron bersama nasi uduk.

Selain nasi uduk, resep nasi lain seperti nasi liwet dan nasi gurih juga menggunakan daun pandan untuk memberikan aroma yang harum.
 

3. Dibuat menjadi ayam tangkap


Berbicara masakan yang menggunakan daun pandan, yang terlintas di kepala adalah ayam tangkap khas Aceh. Ayam goreng khas Aceh ini merupakan varian ayam goreng yang dimasak dengan menggunakan potongan daun pandan.

Daun pandan ini digoreng menjadi sangat kering seperti keripik dan nikmat banget dimakan dipadu dengan ayam goreng.

Ayam goreng yang juga disebut ayam sampah ini dimasak dengan daun pandan, daun salam koja, daun jeruk, dan daun kunyit yang dipotong-potong.

Sebelum menggoreng ayam, daun-daunan ini digoreng dulu hingga setengah matang baru kita goreng ayamnya. Setelah itu ayam dan daun-daunan ini baru disajikan. Ayamnya jadi harum hingga ke tulang-tulang, enak banget, deh!

Selain dimasak menjadi ayam sampah, daun pandan juga bisa membungkus ayam goreng sehingga menjadi ayam bungkus pandan yang tak kalah enak.


pandan
(Daun pandan juga bisa dicampurkan dalam minuman teh herbal. Foto: Dok. Instagram Tea Herbal Series/@herba_lisme)
 

4. Kue tradisional


Daun pandan ini paling sering digunakan untuk membuat kue tradisional. Daun ini digunakan langsung atau juga diolah terlebih dahulu menjadi air daun suji yang dicampur ke dalam adonannya.

Bisa juga daun pandan ini direbus atau dikukus bersama bahan kue tradisional. Contoh kue yang dikukus dengan daun pandan adalah lemper, wajik dan lain-lain. Sedangkan kue tradisional yang mencampur daun pandan ke dalam adonannya adalah kue pepe, kue talam dan banyak lagi.
 

5. Minuman tradisional


Selain kue dan makanan tradisional, daun pandan juga sering dimanfaatkan menjadi minuman tradisional. Seperti pada kue tradisional, ada dua cara memanfaatkan daun pandan. Pertama, diblender bersama daun suji lalu dicampur bersama bahan minuman tradisional.

Salah satu minuman tradisional yang dicampur dengan daun pandan adalah cendol. Tambahan daun pandan di dalamnya membuat cendol jadi harum.

Ada juga minuman yang memanfaatkan aroma pandan sehingga langsung direbus saja. Salah satu minuman yang direbus bersama daun pandan adalah wedang.
 

6. Campuran cake


Daun pandan juga bisa dimanfaatkan untuk campuran cake, lho. Salah satu cake yang dibuat dengan campuran pandan adalah chiffon cake.

Chiffon cake ini merupakan cake yang bertekstur ringan dan sangat lembut. Cake ini sering banget dicampur dengan air daun suji yang diblender bersama daun pandan. Warnanya menjadi hijau alami dengan harum dan rasa pandan yang terasa di setiap gigitannya.
 

7. Dimasak jadi sirup


Daun pandan ini juga kita manfaatkan untuk membuat sirup, lho. Sirup ini bisa digunakan sebagai pemanis minuman dan kue tradisional yang kita buat.

Sirup gula merah yang dijadikan pemanis es cendol misalnya, direbus bersama daun pandan yang diikat simpul. Bahkan, sirup gula untuk teh manis saja juga makin enak bila dimasak dengan daun pandan.

Pokoknya, semua sirup baik untuk disajikan bersama kue dan minuman tradisional yang dibuat dengan daun pandan pasti jadi makin enak, deh. Itulah aneka olahan daun pandan yang bisa kita lakukan. Sekarang jadi enggak bingung lagi, kan. Selamat mencoba ya!



(TIN)

MOST SEARCH