KULINER

Cara Mematangkan Tomat yang Baru Dipanen

Raka Lestari
Sabtu 24 Oktober 2020 / 06:04
Jakarta: Mengonsumsi tomat memiliki banyak manfaat. Di antaranya adalah tinggi akan vitamin C dan vitamin A yang baik untuk kesehatan tubuh.

Sayangnya, jika memiliki tomat yang baru dipanen biasanya masih belum terlalu matang. Sehingga memerlukan waktu tambahan agar matang dan siap dikonsumsi.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, kamu bisa menyimpan tomat yang sudah dipanen di dalam ruangan dengan suhu 18 derajat celcius. Tomat juga tidak membutuhkan matahari untuk bisa matang.

Sebagai gantinya, kamu bisa membungkus tomat yang belum matang tersebut dengan koran atau paper bag untuk membuatnya tetap dalam suasana dingin. Cara itu mempercepat proses pematangan. Biasanya cara ini membutuhkan waktu beberapa minggu sampai matang, untuk itu kamu perlu rutin mengeceknya.

Kamu juga bisa menempatkan tomat di dalam paper bag bersama dengan apel atau pisang. Apel dan pisang melepaskan gas etilen yang dapat mempercepat proses pematangan. Dan dengan menempatkan tomat bersama dengan keduanya dapat membuat tomat terkena gas etilen tersebut.

Setelah matang, kamu bisa menempatkan tomat yang sudah matang tersebut dalam wadah atau bisa juga langsung mengonsumsinya. Dan, jangan lupa juga untuk selalu mencucinya sampai bersih setiap akan mengonsumsinya.
(FIR)

MOST SEARCH