End Google Analytics -->
KULINER

Dari Mentah hingga Fermentasi, Wajib Coba 4 Makanan Asal Korea

Medcom
Kamis 03 November 2022 / 12:06
Jakarta: Selain dari sisi hiburan yang sangat mengguncang dunia, kuliner Korea juga tak kalah dari makanan Asia yang sudah terkenal. Sering menggunakan bumbu fermentasi seperti “jang” tradisional dan beragam rempah-rempah, seperti bawang putih, bawang merah dan merica, masakan Korea terkenal karena menciptakan harmoni rasa.

Di balik makanan tradisionalnya, sebenarnya junk food atau street food asal Korea lebih terkenal di Indonesia, seperti tteokbokki, corn dog, oden, dan lain-lain. Bisa dibilang cukup jarang orang Indonesia yang kurang suka terhadap makanan fermentasi tradisional korea. Tetapi, saat ini sudah banyak makanan tradisional dan mentah yang diangkat di sosial media.

Medcom.id telah merangkum 4 makanan Korea yang wajib kamu coba selain street food-nya:
 

1. Ganjang Gejang


Ganjang gejang merupakan makanan khas korea. Rajungan yang difermentasikan selama 7 hari 7 malam lamanya dengan bumbu soy sauce dalam toples. Ganjang gejang juga sering muncul di adegan series drama Korea dan juga video mukbang.
 

2. Tiger prawn


Tiger prawn atau udang besar juga bisa kamu coba nih. Resep dan bumbunya juga sama seperti ganjang gejang di atas, namun daging tiger prawn ini lebih tebal dan kenyal. Cocok banget untuk dijadikan sashimi atau dimakan langsung dengan kimchi dan nasi hangat.
 

3. Fresh oyster


Banyak yang bilang ini adalah makanan kelas sosial menengah ke atas. Karena rate harganya bisa dibilang cukup mahal.

Tetapi, fresh oyster ini juga bisa kamu temukan di restoran kaki 5 pinggir pantai loh. Cara memakannya sendiri, ialah dengan memeras lemon di atas oyster dan diseruput hingga daging oyster lepas dari cangkang.
 

4. Sannakji


Makanan asal Korea yang terbuat dari gurita hidup yang dibumbui dengan wijen dan minyak wijen. Biasanya cara penyajian sannakji adalah dengan membersihkan gurita dari tintanya hingga bersih, lalu dipotong kakinya dan dihidangkan bersama cuka wakame, atau rumput laut.

Walaupun tidak begitu kaya akan rasa, pengalaman makan sannakji ini sangat mengesankan, karena teksturnya yang kenyal dan licin, serta tentakel yang masih hidup.

Nandhita Nur Fadjriah
 
(FIR)

MOST SEARCH