FAMILY

Mengapa Kucing Suka Menjilati Pemiliknya?

Raka Lestari
Kamis 09 September 2021 / 09:11
Jakarta: Salah satu kebiasan yang sering dilakukan kucing adalah menjilat-jilat. Mereka seringkali menjilat benda yang ada di sekitar mereka, bahkan tidak jarang mereka juga menjilat-jilat pemiliknya. Meskipun belum ada penjelasan menyeluruh dan pasti untuk perilaku ini, ada beberapa teori tentang mengapa kucing suka menjilat manusia.
 

Menunjukkan kepercayaannya


Ada kemungkinan bahwa kucing menjilati pemiliknya untuk menunjukkan bahwa mereka memercayai mereka. Atau paling tidak untuk menunjukkan bahwa mereka tidak menganggapmu sebagai musuhnya.

“Jenis menjilati ini mirip dengan perilaku kucing-ke-kucing yang dikenal sebagai allogrooming, yang pada dasarnya saling merawat. Seekor kucing akan mempelajari hal ini dari induknya ketika mereka masih sangat kecil, buta dan tuli. Ini pada dasarnya untuk membersihkan anak kucing dan memperkuat ikatan sosial,” kata Dr David Sands, ahli psikologi hewan.
 

Menyukai aromamu


Pada dasarnya adalah ide yang sangat sederhana bahwa kucing akan menyukaimu karena mereka tertarik pada aroma apa pun yang ada di tanganmu.

“Indera pengecap kucing sangat sensitif. Mereka dapat menangkap aroma dari kulit kita yang dapat mencakup sekresi feromon dari hewan lain,” kata Sands. “Kamu mungkin memiliki bau makanan, atau bau lotion, atau bau sesuatu yang masih tertinggal di tangan. Bagi kucing, semua ini adalah aroma yang menarik dan menjilatinya memungkinkan mereka untuk memeriksanya.”
 

Menandai kepemilikannya 


Menurut Sands, salah satu kemungkinan mengapa kucing menjilatimu adalah karena mereka sedang menegaskan bahwa kamu adalah milik mereka.

“Orang-orang selalu berpikir bahwa kucing menggosokkan diri pada mereka atau hal-hal yang mereka sentuh mengekspresikan cinta. Tapi sebenarnya, kucing adalah individu yang sangat posesif. Bagi mereka, semakin mereka bisa melewati menandai aroma mereka pada tubuhmu maka itu semakin baik,” tutup Sands.



Hi Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/OVO @Rp50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkedan. Salam hangat.
(YDH)

MOST SEARCH