COMMUNITY

Mengapa Kucing Sering Memburu Tikus?

Raka Lestari
Kamis 07 Oktober 2021 / 18:16
Jakarta: Kucing seringkali terkenal dengan kebiasaannya memangsa tikus. Beberapa orang juga bahkan dengan sengaja memelihara kucing di rumahnya, agar tidak ada tikus yang masuk ke rumahnya. Namun, sebenarnya apakah yang menyebabkana kucing memiliki kebiasaan memangsa tikus?

Dilansir dari Vet Street, menurut Dr. Sarah Wooten, DVM menjelaskan bahwa alasan mengapa kucing sering memburu tikus adalah, karena memang faktor biologis dari kucing itu sendiri. Faktor keturunan kucing, dan koneksi mereka.

Pada masa lalu, kucing pada umumnya adalah hewan yang ada di luar ruangan. Manusia memelihara kucing untuk pengendalian hama karena kucing cenderung menjadi pemburu yang hebat. Contohnya adalah kucing liar Afrika.

Kucing liar Afrika adalah hewan nokturnal dan berburu di malam hari. Pendengaran mereka sangat tepat, sehingga mereka sering dapat menemukan mangsanya hanya dengan isyarat pendengaran. Kucing liar Afrika kebanyakan berburu tikus, tikus, burung, reptil kecil, dan serangga.

Kucing juga mengonsumsi mangsanya untuk mendapatkan taurin, asam amino esensial. Tidak seperti kebanyakan hewan lain, kucing tidak menghasilkan cukup taurin, sehingga mereka harus mengonsumsinya dalam makanan mereka.

Daging adalah satu-satunya hal yang memiliki cukup taurin di dalamnya untuk memenuhi kebutuhan tubuh kucing, yang membuat kucing disebut sebagai karnivora obligat.

Kucing domestik berperilaku dengan cara yang hampir sama. Mereka umumnya terlahir sebagai pemburu. Bahkan pada usia 6 minggu, anak kucing akan menunjukkan perilaku menerkam makanan mereka.

Berburu adalah naluri bertahan hidup alami bagi kucing. Kucing biasanya berburu secara sembunyi-sembunyi, mendekati mangsanya dengan perlahan dan hati-hati, merangkak maju dengan perutnya sampai mereka menerkam.

Kucing domestik yang sebagian besar berburu di dalam ruangan, lebih sedikit berburu daripada kucing di luar ruangan karena mereka tidak memiliki akses ke tikus. Kucing domestik sering gagal mempelajari keterampilan ini, itulah sebabnya kamu akan melihat mereka "bermain" dengan apa pun yang mereka tangkap. Atau mereka mungkin membawa tikus kehadapanmu untuk dibunuh karena mereka tidak tahu caranya.

Jadi, sangat normal jika kucing berburu tikus dan memakannya. Berburu adalah perilaku bawaan pada kucing, dan penting bagi mereka untuk melatih kemampuan ini, bahkan jika mereka hanya "berburu" mainan kucing atau pancing berbulu.
(FIR)

MOST SEARCH