FITNESS & HEALTH

Awas, Susah Meluruskan Jari Keempat dan Kelima Bisa Jadi Gejala Kolesterol Tinggi

Mia Vale
Senin 20 Juni 2022 / 00:00
Jakarta: Bila tidak ditangani dengan cepat, peningkatan kolesterol dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius termasuk stroke dan penyakit jantung. Ini dikarenakan banyaknya kolesterol dalam darah yang menyumbat arteri dan vena di tubuh. 

Memang, tidak selalu ada tanda-tanda klinis kolesterol tinggi, namun ada beberapa sinyal yang harus diwaspadai.

Seperti saat seorang ahli menjelaskan bahwa masalah dengan dua jari bisa menjadi pertanda adanya masalah. Dikenal sebagai kontraktur Dupuytren, ini dapat membuat jari keempat dan kelima kamu bengkok secara permanen. 

Melansir dari laman Express, Dr Deborah Lee, dari Dr Fox Online Pharmacy, memaparkan, “Ini adalah jenis kelainan bentuk tangan. Tendon yang memersarafi jari keempat dan kelima, di telapak tangan, menjadi kencang dan berkontraksi. Alhasil, akan merasa sulit untuk meluruskan jari keempat dan kelima sepenuhnya. Dan seiring waktu, jemari akan bengkok secara permanen."

Dokter Lee menambahkan kalau Kontraktur dupuytren lebih sering terjadi pada mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi tetapi juga terkait dengan merokok, alkohol, dan diabetes. 



(Dr Deborah Lee, dari Dr Fox Online Pharmacy memaparkan masalah dengan dua jari bisa menjadi pertanda adanya masalah dikenal sebagai kontraktur Dupuytren. Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)


“Banyak orang baru menyadari untuk pertama kalinya bahwa mereka memiliki kadar kolesterol tinggi, hanya ketika mereka dirawat di rumah sakit, dengan serangan jantung," jelas Dr Lee.

Kolesterol yang meningkat dapat dideteksi sebagai hasil dari tes darah tanpa gejala. Setiap lima tahun, tes kolesterol ditawarkan kepada semua orang dewasa Inggris berusia antara 40 dan 74 tahun pada pemeriksaan kesehatan NHS. Gratis! 

Ada pula tanda tidak biasa lainnya yang harus diwaspadai. “Arcus senilis – tepi putih keabu-abuan yang dapat dilihat di mata, di lingkar luar kornea," tandas Dr Lee menambahkan. 

Pun timbulnya, Xanthelasma – benjolan kuning keputihan - yang terjadi pada wajah di sekitar mata dan hidung. Atau, Dr Lee menambahkan, “Xanthomas tendon dapat terjadi pada buku-buku jari, lutut, tendon Achilles, atau pada tendon kaki. Murmur jantung, seperti stenosis aorta, mungkin juga bisa menjadi tanda."

Jika memiliki gejala-gejala ini, segera minta dokter untuk dilakukan pemeriksaan kolesterol. Orang dengan masalah kesehatan tertentu atau penyakit termasuk obesitas, menopause, penyakit hati, penyakit ginjal, alkoholisme dan tiroid kurang aktif lebih berisiko memiliki kadar kolesterol tinggi.

(TIN)

MOST SEARCH