FITNESS & HEALTH

Tips Menurunkan Kolesterol dengan 5 Perubahan Gaya Hidup

Yuni Yuli Yanti
Jumat 03 Juni 2022 / 09:00
Jakarta: Kolesterol ditemukan di setiap sel dalam tubuh dan hanya karena itu, tubuh mampu memproduksi hormon, membangun sel dan mencerna makanan. Meskipun baik untuk tubuh, kadarnya yang tinggi juga dapat memiliki efek buruk. 

Salah satu dari dua jenis kolesterol yaitu kolesterol LDL atau low-density lipoprotein disebut sebagai kolesterol jahat, seringkali menempel pada dinding pembuluh darah yang dapat memicu serangan jantung.

Nah, untuk menghindari hal itu, ada lima perubahan gaya hidup sederhana yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh kita, dilansir dari HealthShots:
 

1. Konsumsi makanan kaya omega-3

Hindari asupan lemak jenuh, yang ditemukan dalam daging merah dan produk susu penuh lemak. Seseorang juga harus menghilangkan lemak trans yang sebenarnya meningkatkan kadar kolesterol secara keseluruhan. Sebagai gantinya, konsumsilah makanan yang kaya asam lemak omega-3 seperti salmon, mackerel, herring, walnut, dan biji rami. Juga, tambahkan serat larut dalam menu makanan bersama dengan protein whey.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

2. Rutin berolahraga

Aktivitas fisik sedang meningkatkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL), kolesterol "baik", dan menurunkan kolesterol LDL. Oleh karena itu, pastikan kamu berolahraga selama 30 menit, lima kali seminggu atau aktivitas aerobik yang kuat selama 20 menit, setidaknya tiga kali seminggu. Jika belum, lakukan jalan cepat selama 30 menit.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

3. Berhenti merokok

Jika kamu benar-benar berhenti merokok, itu akan meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam tubuh. Faktanya, dalam waktu 20 menit setelah berhenti, tubuh akan kembali ke tekanan darah dan detak jantung semula. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

4. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Hindari mengonsumsi minuman manis atau makan gorengan, makanan asin, dan pantau kalori setiap hari.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

5. Batasi alkohol

Minum alkohol dalam jumlah sedang yang akan mempertahankan kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi. Untuk orang dewasa yang sehat, sebaiknya membatasi konsumsi alkohol cukup satu atau dua gelas sehari. Ingat, terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan masalah kesehatan parah lainnya. Oleh karena itu, batasi dan kalau bisa dihindari. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
(yyy)

MOST SEARCH